NEWSTICKER
Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat HoA MRT-KAI. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat HoA MRT-KAI. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

MRT dan KAI Bikin Perusahaan Patungan

Ekonomi mrt pt kai
Desi Angriani • 10 Januari 2020 10:41
Jakarta: PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menandatangani perjanjian pengelolaan moda transportasi publik yang terpadu dan terintegrasi. Perjanjian kerja sama ini berujung pada pembentukan perusahaan patungan.
 
Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan perusahaan patungan ini akan bertindak sebagai perusahaan induk dalam bidang transportasi perkeretaapian yang mengelola transportasi perkeretaapian terintegrasi dan kawasan berorientasi transit di wilayah Jabodetabek.
 
"Termasuk, kegiatan usaha investasi sesuai izin usaha dan hukum yang berlaku di Indonesia," katanya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


William menjelaskan MRT akan bertindak sebagai project management unit yang memfasilitasi dan memonitor perkembangan pelaksanaan penataan kawasan stasiun-stasiun kereta api milik PT KAI (Persero).
 
"Perjanjian ini sebagai langkah konkret pasca-penandatanganan Head of Agreement (HoA) yang telah dilakukan sebelumnya pada Senin, 9 Desember 2019 lalu," tambah dia.
 
Sementara KAI berperan dalam peningkatan prasarana di dalam stasiun, manajemen sirkulasi penumpang dan kendaraan, serta izin akses.
 
Pemprov DKI Jakarta, lanjutnya, akan menjadi koordinasi rencana aksi dengan pelaksanaan teknis oleh dinas-dinas terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Bina Marga.
 
"Perjanjian kerja sama ini direncanakan akan berlaku hingga satu tahu ke depan," pungkas dia.
 
Penandatanganan kerja sama ini disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif