Ilustrasi BI. (FOTO: ANTARA/Fanny Octavianus)
Ilustrasi BI. (FOTO: ANTARA/Fanny Octavianus)

BI Terbitkan Aturan GWM Rata-Rata April Ini

Ekonomi giro wajib minimum
Eko Nordiansyah • 07 April 2017 19:12
medcom.id, Jakarta: Bank Indonesia (BI) berencana menerbitkan perubahan aturan perhitungan mengenai Giro Wajib Minimum (GWM) Premier. Rencana perhitungan GWM Primer akan dilakukan secara rata-rata (averaging) ini sudah disebutkan dalam kebijakan yang akan diambil bank sentral tahun ini.
 
"Penerapannya Juni, tapi peraturannya akan (terbit) April ini," kata Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara di Kompleks Perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 7 April 2017.
 
Saat ini, rasio GMW Primer berada pada level 6,5 persen yang berlaku sejak Maret 2016. Nantinya dengan perubahan perhitungan GWM Primer maka bank diwajibkan menyimpan dana di rekening BI sebesar rata-rata level yang ditetapkan oleh BI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: BI Perkenalkan GWM Averaging di 2017
 
Sebelumnya, GWM Primer averaging akan dihitung rata-rata selama dua pekan. Dengan begitu bank diharapkan memiliki kelonggaran dalam mengelola likuiditasnya asalkan mampu memenuhi rasio yang diatur bank sentral.
 
Meski begitu, BI mengaku tidak akan menjalankan rasio GWM Primer secara penuh. Jika tak ada perubahan maka bank hanya diberikan 1,5 persen rasio GWM Primer Averaging, kemudian sisanya harus dipenuhi melalui skema tetap (fixed).
 
Mirza sebelumnya menjelaskan, tak menutup kemungkinan jika nantinya GWM rata-rata akan dilakukan secara menyeluruh. Mirza memperkirakan butuh tiga tahun untuk bisa menerapkan perhitungan rata-rata GWM-Primer secara menyeluruh.
 
 
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif