Batik Air. Foto : Medcom.
Batik Air. Foto : Medcom.

Penundaan Penerbangan ke Tiongkok Buat Batik Air Merugi

Ekonomi tiongkok Maskapai Asing
Hendrik Simorangkir • 06 Februari 2020 20:06
Tangerang: Penundaan penerbangan sementara Indonesia-Tiongkok berdampak bagi maskapai Batik Air (Lion Air Group). Batik Air mengaku merugi terkait penundaan tersebut.
 
"Ya merugi. Besarannya belum tahu," ujar Chief Executive Officer Batik Air, Capt. Achmad Luthfie, di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Luthfie mengatakan besarnya kerugian yang diderita Batik Air itu belum bisa disebutkan. Lantaran, lanjutnya, penutupan penerbangan dari dan ke Tiongkok yang dilakukan PT Angkasa Pura II terlalu mendadak.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum kita hitung secara pasti, karena mendadak ini. Penyetopannya mendadak," katanya.
 
Sementara, Menurut Luthfie, untuk menutup kerugian yang dialami beberapa rute penerbangan dialihkan dan dilakukan penambahan rute penerbangan domestik. Beberapa rute domestik yang mungkin akan menjadi rute tambahan adalah kota-kota besar yang berpotensi ramai penumpang.
 
"Kita tambah frekuensi domestik, rute-rute yang menguntungkan kayak Jawa, Sumatra, Kalimantan yang pergerakannya tinggi," jelasnya.
 
Luthfie menambahkan ada beberapa unit pesawat yang tidak melakukan perjalanan atau beroperasi lantaran tidak bisa terbang ke Tiongkok sejak kemarin. Walau tidak beroperasi, Lutfie melanjutkan, beberapa unit tersebut ditempatkan di hanggar untuk dilakukan maintenance atau perawatan rutin.
 
"Biaya perawatan jalan terus iya, biaya belum saya hitung. Mendadak setopnya. Pokoknya dalam hanggar terus dibersihkan pesawatnya," katanya
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif