Presiden Joko Widodo. (FOTO: Media Indonesia)
Presiden Joko Widodo. (FOTO: Media Indonesia)

Jokowi Bakal Prioritaskan Industri Mamin Demi Genjot Ekspor

Ekonomi industri makanan ekspor-impor
Husen Miftahudin • 18 Februari 2019 21:16
Tangerang: Presiden Joko Widodo menyatakan akan memprioritaskan industri makanan dan minuman (mamin) untuk mendorong kinerja ekspor. Apalagi industri mamin diharap mencetak pertumbuhan gemilang di tahun ini sebesar 9,86 persen.
 
"Memang industri makanan dan minuman menjadi prioritas karena growth-nya tinggi, sembilan persen (untuk 2019). Sehingga industri ini harus diberikan dukungan," ujar Jokowi di pabrik Mayora, Jalan Raya Serang KM 12,5, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Senin, 18 Februari 2019.
 
Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga telah melakukan deregulasi dan penyederhanaan perizinan untuk menarik lebih banyak investasi yang masuk ke Indonesia. Kemudahan perizinan utamanya diberikan untuk investasi yang berorientasi ekspor dan produk subtitusi impor.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena memang kuncinya di situ, untuk memperbaiki neraca perdagangan kita, memperbaiki neraca transaksi kita. Hanya memang nanti misalnya ada hal-hal yang enggak baik perlu dikoreksi, tapi yang paling penting kecepatan ekspor harus didorong," tegasnya.
 
Di lain hal, Jokowi meminta perusahaan lokal menjajah pasar negara-negara lain melalui produk-produk yang dihasilkan. Caranya, dengan meningkatkan investasi dan ekspor.
 
‎"Investasi dan ekspor harus besar. Kalau ini dilakukan, maka ekonomi kita juga akan besar," pungkas Jokowi.
 
‎Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor RI secara kumulatif (Januari-Desember) 2018 tercatat sebanyak USD180,06 miliar atau naik 6,65 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
 
Adapun ekspor makanan secara kumulatif di 2018 tercatat sebesar USD31,27 miliar atau turun 6,13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara, ekspor minuman secara kumulatif 2018 naik 3,50 persen menjadi USD126,82 juta.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif