Ilustrasi (Foto: Media Indonesia)
Ilustrasi (Foto: Media Indonesia)

Pemerintah Percepat Program Peremajaan Sawit Rakyat

Ekonomi minyak sawit kelapa sawit cpo
Eko Nordiansyah • 29 Maret 2019 07:45
Jakarta: Pemerintah berencana mempercepat program peremajaan sawit rakyat (PSR) tahun ini. Terlebih pemerintah menargetkan sebanyak 200 ribu hektare (ha) kebun sawit rakyat yang ada bisa diremajakan agar produktivitasnya bisa meningkat.
 
Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono mengatakan penerbitan rekomendasi teknis memang masih rendah. Oleh karena itu, pemerintah ingin replanting perkebunan sawit milik rakyat bisa dipercepat.
 
"Sampai bulan ini, mungkin kalau dipresentasikan baru berapa, 16 ribu ha dari 200 ribu ha. Karenanya perlu percepatan," kata dia, ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan rekomendasi teknis yang diberikan Kementan terkendala sejumlah masalah. Sayangnya syarat administrasi yang tidak bisa dipenuhi membuat penerbitan rekomendasi teknis tidak bisa selesai dalam waktu sehari.
 
"Kita coba yang 200 ribu ha itu yang sudah clean and clear. Itu maksudnya masalahnya yang kecil itu cepat diselesaikan, tapi kalau masalahnya banyak susah," jelas dia.
 
Tahun lalu pemerintah menargetkan sebanyak 185 ribu ha kebun sawit rakyat akan diremajakan. Upaya replanting dilakukan di kebun rakyat yang tersebar di lima kabupaten yaitu Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Siak, dan Pelalawan.
 
Dengan cakupan sebesar itu, pemerintah mengharapkan nilai tambah produktivitas bisa mencapai Rp125 triliun per tahun. Setahun targetnya 185 ribu, dengan target 11 sampai 20 ribu ha lahan sawit tiap kali dirilis.
 
Dengan cakupan sebesar itu, pemerintah mengharapkan nilai tambah produktivitas bisa mencapai Rp125 triliun per tahun. Pasalnya dengan target sebanyak 185 ribu, maka pemerintah menargetkan 11 sampai 20 ribu Ha lahan sawit tiap kali dirilis.
 
Sementara pada 2017, pemerintah telah melaksanakan Program PSR di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan seluas 4.446 hektare. Selain itu pemerintah juga meremajakan kebun rakyat di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara seluas 9.109 ha.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif