2019, Mandiri Capital Luncurkan Venture Fund

Nia Deviyana 03 Desember 2018 19:08 WIB
mandiri capital indonesia
2019, Mandiri Capital Luncurkan <i>Venture Fund</i>
Direktur Finance Mandiri Capital Hira Laksamana (kiri). (FOTO: dok Bank Mandiri)
Jakarta: Perusahaan modal ventura bentukan Bank Mandiri, yakni PT Mandiri Capital akan menerbitkan venture fund sebagai instrumen pendanaan baru pada kuartal I-2019. Venture fund setara reksa dana yang dananya akan diinvestasikan pada perusahaan startup, khususnya startup lokal, baik fintech maupun non-fintech.

"Tahun ini kita baru dapat izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Produk ini diharapkan bisa membangun ekosistem startup di Indonesia," ujar Direktur Finance Mandiri Capital Hira Laksamana di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.

Hira mengatakan Mandiri Capital menyasar investor individual maupun korporasi. Adapun dana yang ditargetkan sebesar USD50 juta. Saat ini Mandiri Capital telah mengantongi capital injection dari Bank Mandiri sebesar Rp550 miliar pada 2019.

Dia mengakui investasi melalui venture fund tetap memiliki risiko. Itu sebabnya, Mandiri Capital memastikan startup yang didanai terhubung dengan jaringan Bank Mandiri yang saat ini memiliki sekitar 20 juta nasabah.

"Pendekatan untuk menekan risiko mirip dengan yang sudah kita lakukan sebelumnya, selain inovasi dan sinergi, kita lihat apakah bisa ke-link ke jaringan Bank Mandiri," kata Hira.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Digital Banking dan Teknologi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans berharap Bank Mandiri bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan startup, khususnya fintech.

"Semoga kolaborasi bank dengan fintech bisa meningkatkan ekonomi inklusif di masyarakat," kata Rico.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id