Gedung Kementerian Perdagangan. Foto: Setkab
Gedung Kementerian Perdagangan. Foto: Setkab

Seleksi CPNS 2019, Kemendag Buka 222 Formasi

Ekonomi kementerian perdagangan CPNS
Nia Deviyana • 12 November 2019 10:25
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengumumkan membuka 222 formasi yang terbagi dalam 28 jabatan pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Melalui pengumuman nomor 01/SJ-DAG/PENG/11/2019, Kemendag merinci kriteria bagi calon pelamar.
 
Pertama yakni cumlaude. Dalam surat edaran yang dikutip Selasa, 12 November 2019, pelamar merupakan lulusan terbaik dari perguruan tinggi dalam negeri dan jurusan yang terakreditasi A. Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, sesuai keputusan penyetaraan ijazah dan surat keterangan kementerian yang bertanggung jawab di bidang pendidikan tinggi.
 
Kedua Kemendag juga membuka peluang bagi penyandang disabilitas fisik. Pada disabilitas fisik dengan derajat satu yang meliputi amputasi salah satu tangan atau kaki, lumpuh kaki karena polio yang mampu berjalan menggunakan alat bantu selain kursi roda (fasilitas belum memungkinkan), dan orang kerdil.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemendag mensyaratkan pelamar bukan penyandang disabilitas intelektual, mental, atau sensorik. Mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik, mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda (fasilitas belum memungkinkan).
 
Selanjutnya, CPNS diharapkan mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, dan menyampaikan buah pikiran dengan berdiskusi. Adapun untuk persyaratan umum pelamar mencakup sebagai berikut:
 
1. Warga Negara Indonesia yang memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Usia pada saat melamar minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun nol bulan nol hari pada saat melamar.
3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI.
4. Tidak berkedudukan sebagai Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak dan atau atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta (termasuk BUMN/BUMD).
6. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Putusan Pengadilan telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.
 
Adapun pada seleksi CPNS 2019, Pemerintah membuka 152.286 formasi yang dibagi atas 37.425 formasi untuk 68 Kementerian dan Lembaga, dan sebanyak 114.861 formasi pada 462 Pemerintahan Daerah. Untuk mendaftar dalam proses seleksi CPNS 2019, masyarakat dapat mengakses website sscasn.bkn.go.id.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif