Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawatii.. Dok ;Medcom/Eko.
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawatii.. Dok ;Medcom/Eko.

KSSK Tanpa Kompromi Jaga Stabilitas Sistem Keuangan

Ekonomi kssk
Eko Nordiansyah • 23 Mei 2019 16:08
Jakarta: Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) memastikan stabilitas sistem keuangan di Indonesia tetap terjaga dengan baik. Meskipun dalam beberapa waktu terakhir ada tekanan yang berasal dari global dan dalam negeri yang berpotensi menganggu sistem keuangan di Indonesia.
 
"Kami dari KSSK dengan melihat perkembangan global dan dalam negeri, kami siap sedia untuk terus menjaga sektor keuangan tanpa kompromi," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Dirinya menambahkan perkembangan global dipengaruhi oleh tensi perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, serta kondisi geopolitik di Timur Tengah, khususnya Iran yang berpengaruh terhadap harga minyak dunia. Kondisi ini kemungkinan membuat pertumbuhan ekonomi melemah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara dari sisi domestik, perkembangan politik hingga menyebabkan kerusuhan di ibu kota sedikit mempengaruhi kondisi perekonomian. Meskipun, Sri Mulyani meyakini dampak yang ditimbulkan dari kondisi tersebut tidak terlalu besar dibandingkan dengan dampak tekanan global.
 
"KSSK akan terus bersama-sama melakukan koordinasi, sinergi dan bersama-sama kolaborasi menjaga ekonomi Indonesia tanpa kompromi. Momentum tetap terjaga, stabilitas tetap terjaga, dan kita berharap dunia usaha tetap memiliki confidence, dan masyarakat juga akan tetap tenang," jelas dia.
 
Khusus untuk fiskal, dirinya meyakinkan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 tetap dikelola dengan baik. Pemerintah mengambil langkah terukur untuk memastikan kegiatan ekonomi tetap berjalan dibantu APBN sebagai stimulus (contercyclical).
 
"Saya akan terus meyakinkan pengelolaan apbn kita dilakukan sangat hati-hati dan bertanggung jawab. Meskipun kita tahu dimanika ekonomi akan berimbas pada pelaksanaan-pelaksanaan dari APBN tahun 2019, baik dari sisi pemenerimaan, belanja maupun pembiayaan," pungkasnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif