Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Tingginya Penukaran Uang Dipengaruhi Kenaikan Gaji ASN dan Bansos

Ekonomi bank indonesia penukaran uang
Ilham wibowo • 10 Mei 2019 18:12
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan penukaran uang pada Lebaran tahun ini akan meningkat 13,5 persen secara year on year. Kenaikan gaji di kalangan aparatur sipil negara (ASN) dinilai menjadi faktor yang turut memengaruhi.
 
Deputi Gubenur BI Rosmaya Hadi mengatakan prediksi peningkatan penukaran uang tersebut diimbangi dengan ketersediaan uang kartal berbagai pecahan hingga Rp217,1 triliun. BI juga menyediakan 2.900 titik penukaran di lokasi yang akan ramai dikunjungi masyarakat.
 
"Dibandingkan dengan bulan biasa jelang Lebaran penukaran uang bisa empat sampai lima kali lebih tinggi karena dipengaruhi kenaikan gaji yang diambil semua untuk dibagi-bagi," kata Rosmaya dalam pemaparan di kantor BI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kajian yang dilakukan oleh para ekonom BI juga telah juga melihat adanya pengaruh pemberian tunjangan hari raya (THR) di sektor swasta. Selain itu, realisasi bantuan sosial pemerintah pusat juga turut memberi andil terutama di level masyarakat bawah.
 
"Konsumsi masyarakat tinggi, menengah atas naik, kelas bawah juga terbantu adanya bansos yang turut membantu konsumsi kita," ujarnya.
 
Dalam lima tahun terkahir kenaikan permintaan uang kartal secara nasional meningkat rata-rata 13,3 persen. Khusus tahun ini, kenaikan permintaan uang dipengaruhi lantaran Pemilu dan masa libur yang diprediksi terjadi hingga 10 hari.
 
"Berbagai reasoning pola Lebaran terus meningkat karena libur 10 hari, THR dan kenaikan gaji ASN, juga THR ketenagakerjaan," ungkapnya.
 
BI telah menginstruksikan jajaran di berbagai daerah untuk menjaga ketersediaan kas uang pecahan baru. Distribusi pengelolaan uang di seluruh satuan kerja bakal terus dioptimalkan.
 
"Kami punya kas titipan di daerah tertinggal terluar dan terdepan itu kami optimalkan juga dan BI punya kas keliling yang akan diperkuat," ujarnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif