Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Medcom/Sonya.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Medcom/Sonya.

Menhub Konsultasi dengan KPPU Bahas Tiket Pesawat

Ekonomi Tarif Tiket Pesawat
Annisa ayu artanti • 02 Mei 2019 20:02
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan berkonsultasi dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk membahas tarif tiket pesawat. Hal ini dilakukan sebelum Menhub melakukan intervensi untuk menurunkan tarif batas atas tiket pesawat.
 
Menurut dia, regulator tidak memiliki kewenangan secara langsung untuk mengatur tarif tiket pesawat. Tidak ada payung hukum yang bisa menjadi landasan baginya menentukan tarif, kecuali tarif batas atas atau tarif batas bawah seperti yang berlaku sekarang.
 
"Di dunia manapun, tidak ada regulator menentukan tarif. Makanya, saya akan konsultasi dengan KPPU apa boleh saya menurunkan tarif batas atas," kata dia ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi pun enggan bicara lebih lanjut mengenai rencana ke depannya agar tarif tiket pesawat bisa diturunkan. Sementara khusus bagi Garuda Indonesia, dirinya menyerahkan kepada Kementerian BUMN selaku otoritas yang berwenang menangani para BUMN.
 
"Enggak enak belum dijalani sudah ngomong. Teman-teman tanya dengan Kementerian BUMN, bagaimana Garuda me-lead (menetapkan tiket pesawat). Karena Garuda, dia price leader kan, dia tetapkan berapa, semua ikut," jelas dia.
 
Saat ini KPPU masih melakukan investigasi terhadap kartel tiket pesawat dan kargo udara. Bahkan investigasi dari KPPU diperpanjang selama 30 hari ke depan, karena bukti investigasi yang belum cukup dari KPPU.
 
Terkait mahalnya tiket pesawat, KPPU meminta pemerintah tidak turut mengintervensi harga tiket. KPPU justru mendorong pemerintah tidak terlalu mengintervensi harga karena harga berdasarkan mekanisme pasar.
 
"Pemerintah sebaiknya tidak mengatakan harga harus turun, harus begini, seharusnya begitu karena itu berdasarkan mekanisme pasar," ujar Komisioner KPPU Guntur Saragih di kantornya, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.

 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif