Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. MI/Adam Dwi.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. MI/Adam Dwi.

Bappenas Dorong Industri Pengolahan Makanan

Ekonomi industri makanan
Nia Deviyana • 14 November 2018 18:10
Jakarta: Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia memiliki potensi yang besar untuk memaksimalkan industri pengolahan makanan, baik dari sektor pertanian maupun perikanan.
 
"Dengan menciptakan nilai tambah dari bahan mentah, kita bisa menciptakan lapangan kerja dan mencegah defisit," kata dia dalam diskusi di Gedung Bappenas, Rabu, 14 November 2018.
 
Bambang merujuk pada Indonesia yang punya potensi besar di sektor maritim dan pertanian. Hal ini yang seharusnya dimaksimalkan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Waktu ke Laos saya minum air kelapa, saya kira produsennya dari Indonesia, ternyata dari Filipina. Waktu di Australia, produsen air kelapa dari Srilanka. Saya pikir kenapa kita tidak jadi produsen air kelapa juga, padahal kita punya potensi untuk bersaing," paparnya.
 
Bambang juga menyayangkan Indonesia pernah menjadi pengekspor udang terbesar pada 1990. Namun, status itu sudah tidak terdengar lagi.
 
"Itu artinya daya saing kita menurun. Padahal kalau terus ditingkatkan, bisa mengurangi defisit transaksi berjalan," tambah dia.
 
Dalam rancangan RPJMN 2020-2024, Bambang mendorong pemaksimalan industri pengolahan makanan dari sektor perikanan. Seperti diketahui, FAO memprediksi pasar seafood dunia pada 2024 mencapai 240 juta ton, yang mana 160 juta ton di antaranya adalah dari perikanan budidaya.
 
Adapun pada 2017, produksi perikanan tangkap mencapai 6,8 juta ton, sedangkan produksi perikanan budidaya sebesar 16,1 juta ton dengan rincian 5,65 juta ton ikan dan 10,45 juta ton rumput laut.
 
"Jangan sampai ini hanya jadi konsumsi dalam negeri. Harus diekspor dan diolah supaya ada nilai tambahnya," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif