Ilustrasi. (FOTO: MI/Angga Yuniar)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Angga Yuniar)

Bank Mandiri Siapkan 49 Mini ATM untuk Pembayaran Online Cukai & Kepabeanan

Eko Nordiansyah • 26 Mei 2017 19:21
medcom.id, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan menyiapkan layanan perbankan elektronik untuk cukai dan biaya terkait kepabeanan. Dengan adanya layanan ini, masyarakat akan mudah dalam melakukan pembayaran cukai dan kepabeanan secara online.
 
Kerja sama pemanfaatan jasa perbankan ini ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi bersama dengan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Kantor Pusat Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur, Jumat 26 Mei 2017.
 
"Layanan ini merupakan implementasi komitmen perseroan untuk semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran cukai, pajak ekspor dan impor atau biaya lain terkait kepabeanan sehingga dapat mendukung upaya pemerintah menggenjot penerimaan negara," ujar Tiko.

Saat ini Bank Mandiri telah tercatat sebagai salah satu bank persepsi Modul Penerimaan Negara Generasi kedua (MPN-G2), baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing. Layanan perbankan perseroan juga telah dapat diakses masyarakat untuk pembayaran pajak secara online.
 
Sejak Januari sampai dengan April 2017, Bank Mandiri telah memfasilitasi pembayaran penerimaan negara sebesar 2,58 juta transaksi dengan nilai Rp14,3 triliun dimana sebesar 55 persen merupakan transaksi penerimaan negara terkait pajak.
 
Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat atas layanan ini, Bank Mandiri dan Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan akan melakukan sosialisasi produk kepada seluruh wajib bayar/pengguna jasa serta melakukan pengawasan operasional sistem yang telah ada agar tidak ada gangguan pada penerimaan negara.
 
"Kami optimistis, langkah ini juga akan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya terkait pembayaran cukai, pajak ekspor dan impor dan kepabeanan," jelas dia.
 
Pada tahap awal, Bank Mandiri akan menempatkan 49 Mini ATM untuk pembayaran Kepabeanan dan Cukai di Kantor-kantor Pelayanan Bea dan Cukai yang telah ditunjuk oleh Ditjen Bea dan Cukai. Di samping itu, Bank Mandiri telah menambahkan fitur pembayaran cukai, pajak ekspor dan impor dan kepabeanan pada alat pembayaran nontunai Mandiri.
 
"Yakni layanan Mandiri Mobile, Internet Mandiri, Mandiri ATM dan call center 14000. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah terkait transaksi non tunai (cashless) di seluruh Kementerian dan Lembaga," pungkasnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan