Ilustrasi (Foto: Fotolia)
Ilustrasi (Foto: Fotolia)

Mengetahui 4 Layanan di Digital Banking

Angga Bratadharma • 11 Februari 2017 09:32
medcom.id, Jakarta: Perkembangan di industri perbankan dari waktu ke waktu semakin canggih. Peningkatan inovasi dari sisi teknologi terus dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan lebih maksimal kepada para nasabah, termasuk menjaring calon nasabah agar nantinya memiliki efek positif bagi pertumbuhan bisnis.
 
Adapun industri perbankan mulai memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi melalui inovasi digital banking. Melalui digital banking, seorang nasabah tidak perlu lagi ke kantor cabang atau ke bank secara fisik ketika hendak melakukan transaksi keuangan. Kemudahan ini tentu memberikan kenyamanan dan memangkas waktu.
 
Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, Sabtu, 11 Februari 2017, dijelaskan bahwa ada beberapa layanan perbankan digital. Adapun beberapa layanan ini antara satu dengan yang lainnya memiliki sedikit perbedaan termasuk kelebihan dan kekurangannya yang perlu diperhatikan oleh nasabah.

Beberapa layanan yang dimaksud yakni pertama, internet banking. Melalui internet banking maka nasabah dapat melakukan transaksi perbankan (financial dan non financial) melalui komputer yang berhubungan dengan jaringan internet bank.
 
Jenis-jenis transaksi internet banking antara lain, transfer dana; informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar; pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, telepon, ponsel, listrik); dan pembelian (misal: isi ulang pulsa telepon, tiket pesawat, saham).
 
Kedua, phone banking. Nasabah dapat melakukan transaksi perbankan melalui telepon di mana nasabah menghubung contact center bank. Bank telah menyediakan tenaga staf khusus yang akan menjalankan transaksi nasabah atau program otomatis yang dapat berinteraksi dengan nasabah untuk menjalankan transaksi nasabah.
 
Jenis-jenis transaksi phone banking yang dapat dilakukan oleh nasabah antara lain transfer dana; informasi saldo; mutasi rekening; pembayaran (kartu kredit, PLN, Telepon, ponsel, listrik, asuransi); pembelian (pulsa isi ulang).
 
Ketiga, SMS banking. SMS banking adalah layanan transaksi perbankan yang dapat dilakukan nasabah melalui telepon seluler (ponsel) dengan format Short Message Service (SMS). Nasabah dapat mengirimkan SMS ke nomor telepon bank atau menggunakan aplikasi yang dipasang bank pada ponsel nasabah.
 
Jenis-jenis transaksi melalui SMS banking antara lain transfer dana; informasi saldo; mutasi rekening; pembayaran (kartu kredit); dan pembelian (pulsa isi ulang).
 
Keempat, mobile banking. Mobile banking adalah layanan perbankan yang juga dapat diakses langsung melalui ponsel seperti SMS banking, namun memiliki tingkat kecanggihan yang lebih tinggi.
 
Bank bekerja sama dengan operator seluler, sehingga dalam SIM Card (kartu chips seluler) Global for Mobile Communication (GSM) sudah dipasangkan program khusus untuk bisa melakukan transaksi perbankan. Proses transaksi nasabah akan lebih mudah pada mobile banking dibandingkan dengan SMS banking.
 
Beberapa jenis transaksi mobile banking antara lain transfer dana; informasi saldo; mutasi rekening; informasi nilai tukar; pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi); dan pembelian (pulsa isi ulang, saham).
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan