Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: MI/Susanto
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: MI/Susanto

Bamsoet Dorong Defisit Anggaran Turun di Bawah 3% Tahun Depan

Annisa ayu artanti • 16 Agustus 2022 10:52
Jakarta: Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong agar defisit anggaran pada APBN bisa kembali di bawah tiga persen tahun depan. Saat ini defisit anggaran sudah mencapai 3,92 persen PDB atau Rp732,2 triliun.
 
"Defisit anggaran yang harus kembali ke angka kurang dari tiga persen pada 2023," kata Bambang dalam pembukaan sidang tahunan MPR, DPR, & DPD dan Pidato Kenegaraan RI, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Baca juga: September Diperkirakan Hiperinflasi, Ketua MPR: Kita Tak Boleh Lalai!

Menurutnya, penurunan defisit anggaran itu menjadi tantangan utama dikala kondisi pemulihan yang tidak menentu seperti saat ini.
 
Terlebih adanya dinamika global, seperti konflik Rusia-Ukraina, perang dagang dan teknologi Amerika Serikat-Tiongkok, ketegangan baru di Selat Taiwan, serta disrupsi rantai pasok yang berimplikasi pada fluktuasi harga komoditas pangan dan energi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi global saat ini semakin tidak menentu. Semua negara sedang berupaya keras memulihkan ekonominya, pascapandemi covid-19," ucapnya.
 
Selain itu, Bamsoet juga meminta porsi utang diturunkan karena peningkatan utang yang signifikan menimbulkan beban pembayaran bunga tambahan.
 
Seperti diketahui, posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir triwulan II-2022 tercatat sebesar USD403 miliar, turun dibandingkan dengan posisi ULN pada triwulan sebelumnya sebesar USD412,6 miliar.
 
Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan, perkembangan tersebut disebabkan oleh penurunan posisi ULN sektor publik (pemerintah dan bank sentral) dan sektor swasta.
 
"Secara tahunan, posisi ULN triwulan II-2022 mengalami kontraksi sebesar 3,4 persen year on year (yoy), lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada triwulan sebelumnya yang sebesar 0,9 persen (yoy)," tuturnya dalam siaran pers, Senin, 15 Agustus 2022.

 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif