Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: MI/Susanto
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: MI/Susanto

September Diperkirakan Hiperinflasi, Ketua MPR: Kita Tak Boleh Lalai!

Annisa ayu artanti • 16 Agustus 2022 10:18
Jakarta: Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan Indonesia tidak boleh lalai terhadap kondisi kenaikan inflasi yang terjadi di dunia, meskipun inflasi Indonesia masih terjaga. Inflasi yang tidak teratasi dengan baik akan mengancam perekonomian Indonesia yang tengah menuju pemulihan.
 
"Kita tidak boleh lalai. Kenaikan inflasi dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional," kata Bambang dalam pembukaan sidang tahunan MPR, DPR, & DPD dan Pidato Kenegaraan RI, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Ia memprediksi kenaikan inflasi juga terjadi di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) telah tercatat, per Juli 2022, laju inflasi Indonesia berada di level 4,94 persen. Kemudian pada Agustus inflasi diprediksi akan meningkat pada kisaran 5-6 persen.
 
Baca juga: Hadiri Sidang Tahunan, Jokowi Berbusana Adat Bangka Belitung

Lalu, pada September, Bamsoet menambahkan ancaman hiperinflasi akan menghantui Indonesia dengan kisaran 10 hingga 12 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita diprediksi akan menghadapi ancaman hiperinflasi," ujarnya.
 
Kenaikan inflasi itu disertai dengan lonjakan harga pangan dan energi yang akan semakin membebani masyarakat. Menurutnya semua itu akan mengganggu Indonesia yang baru saja bangkit dari pandemi covid-19.
 
Tak hanya kondisi inflasi, ia juga mengungkapkan, lonjakan harga minyak dunia juga terus membayang-bayangi perekonomian RI.
 
Pada awal April 2022 diperkirakan mencapai USD98 per barel. Angka ini jauh melebihi asumsi APBN 2022 sebesar USD63 per barel. Hal tersebut akan memberi beban terhadap subsidi untuk BBM, pertalite, solar, dan LPG. Saat ini saja, subsidi energi tersebut sudah mencapai Rp502 triliun.
 
"Kenaikan harga minyak yang terlalu tinggi, tentunya akan menyulitkan kita dalam mengupayakan tambahan subsidi, untuk meredam tekanan inflasi," pungkasnya.

 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif