Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian.

Airlangga: Ketahanan Pangan Indonesia Terus Membaik

Despian Nurhidayat • 16 Agustus 2022 19:02
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia saat ini memiliki ketahanan pangan yang baik. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas pencapaian Indonesia dalam swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan nasional.
 
"Penghargaan dari IRRI ini memberikan confident bahwa penanganan ekosistem ketahanan pangan dan pertanian terus membaik," ungkapnya dalam Konferensi Pers Nota Keuangan & RUU APBN 2023 secara virtual, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Selain itu, menurut Airlangga, baik produksi dan juga stok beras yang dimiliki oleh Indonesia saat ini dalam tahap yang mencukupi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Produksi (beras) secara tiga tahun berturut-turut di 31,3 juta (ton) dan stok (beras) terakhir berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) di atas 10 juta (ton). Sampai hingga akhir tahun tujuh juta (ton)," kata Airlangga.
 
Baca juga: Presiden: Kita Sudah Tidak Impor Beras dalam 3 Tahun Terakhir

 
Tak berhenti di situ, impor jagung juga dikatakan telah menurun. Dari sebelumnya mencapai 3,5 juta ton, saat ini impor jagung hanya mencapai 800 ribu ton.
 
Airlangga juga menegaskan kebijakan Presiden Joko Widodo terkait rekayasa genetik jagung melalui skema sistem Genetically Modified Organism (GMO) juga akan meningkatkan ketahanan dan diversifikasi pangan.

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif