Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.

Masyarakat Mulai Alihkan Investasi dari Deposito

Ekonomi investasi keuangan
Eko Nordiansyah • 12 April 2016 17:45
medcom.id, Jakarta: HSBC Indonesia menyebut, hampir 80 persen dana masyarakat masih diinvestasikan untuk deposito di perbankan. Sedangkan hanya sebagian kecil dana yang diinvestasikan sebagai investasi jangka panjang, seperti saham, obligasi, dan reksa dana.
 
Potensi investasi di sektor lain semakin menggiurkan jika melihat kondisi perekonomian yang berbeda. Senior Vice President and Head of Wealth Management, HSBC Indonesia, Steven Suryana mengatakan, penurunan suku bunga deposito memaksa masyarakat untuk lebih memilih instrumen investasi jangka panjang.
 
"Kalau kita lihat apa yang beda tahun ini? Januari, Februari, Maret itu Bank Indonesia (BI) berturut-turut menurunkan suku bunga. Awal Januari masih di 7,5 persen, sekarang sudah 6,75 persen," kata Steven di Hotel Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Selasa (12/4/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain penurunan BI rate, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah menurunkan acuan bunga deposito dengan skema BI rate plus 100 basis poin dari BI rate plus 225 basis poin untuk bank BUKU 3. Sedangkan bank sentral negara lain seperti Jepang dan Uni Eropa juga menerapkan kebijakan negative interest rate.
 
"Makanya kalau inflasi itu terus turun, kita akan melihat tren suku bunga juga turun. Apalagi ini sejalan dengan keinginan pemerintah untuk membuat suku bunga pinjaman juga turun," jelas dia.
 
Dirinya meyakini jika kesempatan yang dimiliki nasabah untuk beralih ke produk investasi lainnya cukup terbuka. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan porsi investasi lebih besar oleh masyarakat di wealth management.
 
"Kita melihat ini positif bagi bisnis wealth management. Karena banyak sekali produk asuransi yg tersedia, ada saham, ada reksa dana, ada obligasi ritel di ORI. Ritel sukuk itu juga nasabah luar biasa yang investasi di sana," pungkasnya.

 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif