Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Bahlil Siapkan Jurus Tangkal Defisit Transaksi Berjalan

Ekonomi bkpm defisit transaksi berjalan
Ilham Pratama Putra • 31 Oktober 2019 15:40
Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyiapkan strategi untuk menangkal defisit transaksi berjalan atau Current Account Deficit (CAD). Hal itu dilakukan agar terjadi percepatan masuknya investasi.
 
"Maka tugas kami pertama akan melakukan koordinasi lintas departemen yang mengeluarkan izin-izin terhadap investasi apa saja," kata Bahlil di Kantor BKPM, Jakarta Selatan, Kamis, 31 Oktober 2019.
 
Dia tidak ingin kembali menemukan keluhan dari pengusaha. Menurutnya sejauh ini ada tumpang tindih perizinan, baik lintas departemen maupun di daerah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita mengidentifikasi mana izin-izin yang selama ini menjadi keluhan bagi pengusaha. Kita akan bereskan," ujarnya.
 
Dia mengatakan persoalan ini akan selesai pada Desember 2019. Sehingga pada Januari 2020 seluruh program yang dicanangkan untuk investasi bisa berjalan baik.
 
Pihaknya menjamin investor yang masuk dan ingin berinvestasi di Indonesia, akan dikawal. Agar investor merasa dilindungi dalam perizinan.
 
"Dan nanti saya akan membuat satgas untuk mengawal itu. Dan insyaallah saya akan langsung memimpin untuk turun, memastikan agar seluruh investor yang masuk betul-betul mereka merasa nyaman dan mendapat kepastian," jelas Bahlil.
 
Menurutnya, jika tak dikawal investor akan angkat kaki. Dia tidak ingin investor ragu-ragu berinvestasi di Indonesia.
 
"Kalau kemudian cuma masuk dan dilepas maka saya yakin, jangan kan investor asing, saya pun akan mikir-mikir dulu," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif