Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: AFP.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: AFP.

Rasio Utang Turun, Konsolidasi Fiskal Dinilai Berhasil

M Ilham Ramadhan • 16 Agustus 2022 20:55
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan upaya konsolidasi fiskal APBN tergolong berhasil. Ini dikarenakan rasio utang pemerintah mengalami penurunan signifikan tanpa memberi efek buruk bagi perekonomian.
 
"Rasio utang Indonesia pada 2022 Juli ini sudah menurun sangat tajam. Hanya dalam enam bulan, sekarang di 37,9 persen. Yang disampaikan oleh Ketua MPR di angka 40,73 persen, itu adalah posisi akhir 2021," ujarnya dalam konferensi pers Nota Keuangan secara daring, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Hal itu, kata Sri Mulyani, juga meningkatkan kredibilitas APBN yang dalam dua setengah tahun terakhir menopang perekonomian akibat pandemi covid-19. Dia juga menyampaikan, kondisi tersebut dapat berimplikasi positif lantaran momentum pemulihan ekonomi saat ini tergolong masih cukup tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kredibilitas dan kemampuan pengelolaan fiskal yang baik juga menurutnya terkonfirmasi oleh rating yang diberikan oleh beberapa lembaga pemeringkat dunia. Di situasi yang tidak menentu, Indonesia menjadi salah satu dari 30 negara yang justru ratingnya mengalami penaikan.
 
"Padahal 160 negara di-downgrade rating-nya karena kondisi fiskal memburuk dan belum pulih, dan bahkan outlook-nya juga negatif," kata Sri Mulyani.
 
Baca juga: Rasio Utang Indonesia Masih Lebih Baik dari Negara Lain

 
Dia yang juga mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyampaikan, rasio utang yang menciut dan pengakuan sejumlah lembaga pemeringkat internasional menggambarkan pengelolaan fiskal negara yang cukup baik.
 
"Ini menggambarkan kita menggunakan fiscal tools secara hati-hati dan tepat, sehingga kita tetap bisa memulihkan ekonomi namun tidak mengorbankan kesehatan APBN," jelas Sri Mulyani.

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif