Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Mau Tahu 5 Objek Bebas Pajak Natura? Cek di Sini

Annisa ayu artanti • 10 Januari 2023 23:49
Jakarta: Kenikmatan atau fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawan bukan dalam bentuk uang akan mulai dipajaki oleh pemerintah pada semester II tahun ini. Pajak tersebut dinamakan Pajak Natura.
 
Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pajak NO SE-03/PJ.23/1984 tentang Pengertian Kenikmatan Dalam Bentuk Natura dijelaskan, kenikmatan dalam bentuk natura adalah setiap balas jasa yang diterima atau diperoleh pegawai, karyawan, atau karyawati dan atau keluarganya tidak dalam bentuk uang dari pemberi kerja.
 
Saat ini, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo mengatakan, pihaknya tengah menyusun aturan turunan berupa Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait apa saja yang digolongkan sebagai natura dan dikenakan pajak. PMK tersebut nantinya akan menjadi aturan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2022.
 
"Pemungutan pajak (atas natura) dilakukan oleh pemberi kerja. Kami sedang mendalami mengenai PMK ini," katanya, Selasa, 10 Januari 2023.
 
Baca juga: Mengenal Pajak Natura yang Mulai Dipungut Semester II Tahun Ini
 
Namun, setidaknya untuk saat ini terdapat lima objek yang dibebaskan dari pajak natura, apa saja?
 
Pertama, makanan dan minuman yang disediakan di tempat kerja dan disediakan untuk seluruh pegawai dengan batasan tertentu. Lalu, reimbursement makanan atau minuman bagi pegawai dinas luar.
 
Kedua, natura dan kenikmatan yang diberikan di daerah tertentu. Daerah tertentu itu adalah daerah yang secara akses dan kebutuhan untuk kehidupan kurang atau daerah terpencil. Adapun natura yang dimaksud seperti tempat tinggal, pelayanan kesehatan, pendidikan, peribadatan, pengangkutan, dan olahraga umum (melalui penetapan), harus disediakan oleh pemberi kerja.
 
Ketiga, natura yang sehubungan dengan keamanan, kesehatan atau keselamatan pekerja seperti seragam, seragam satpam, dan seragam pegawai produksi, peralatan keselamatan kerja, antar jemput pegawai, penginapan awak kapal/pesawat/sejenisnya, serta kenikmatan penanganan pandemi (vaksin dan tes pendeteksi covid-19).
 
Keempat, fasilitas yang berhubungan dengan keamanan, kesehatan, keselamatan, yang bersumber dari APBN atau APBD.
 
Kelima, natura yang diberikan perusahaan dalam bentuk bingkisan seperti bingkisan hari raya, peralatan dan fasilitas kerja yang diberikan untuk pelaksanaan pekerjaan seperti komputer, laptop, ponsel, dan penunjangnya (pulsa dan internet).
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif