Ekonom Chatib Basri - - Foto: dok AFP
Ekonom Chatib Basri - - Foto: dok AFP

Pembukaan Aktivitas Ekonomi di Tengah Pandemi hanya Berdampak Sementara

Ekonomi chatib basri pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 13 Oktober 2020 15:57
Jakarta: Ekonom Chatib Basri menilai pembukaan kembali aktivitas ekonomi di tengah pandemi hanya berdampak jangka pendek terhadap upaya pemulihan ekonomi. Setidaknya ada empat alasan yang diungkapkan oleh Chatib akan hal ini.
 
Pertama, daya beli masyarakat masih lemah di masa pandemi covid-19 ini. Meskipun sempat terjadi kenaikan permintaan saat ada pembukaan aktivitas ekonomi, dampaknya hanya sementara karena setelah itu akan kembali melandai.
 
"Jadi ada permintaan yang tertunda. Jadi ketika dibuka naik tapi setelah itu flat lagi," katanya dalam seminar virtual di Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, ia menyebut terjadi perubahaan perilaku konsumsi di masyarakat. Utamanya adalah kelompok menengah atas yang lebih berhati-hati untuk spending, sementara masyarakat kelas menengah bawah terpaksa tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan.
 
"Mereka yang punya tabungan yang bisa tinggal di rumah. Kalau enggak punya tabungan, anda enggak bisa tinggal di rumah harus kerja apa saja. Jadi sulit membayangkan penerapan PSBB tanpa bansos," ungkapnya.
 
Ketiga, meski terjadi perubahan dengan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan belanja online, tapi hal ini hanya dilakukan di kota-kota besar. Artinya hanya sebagian kecil saja masyarakat yang beralih ke belanja online lewat marketplace.
 
Terakhir, masih terjadi penerapan PSBB di sejumlah daerah seperti wilayah DKI Jakarta. Kondisi ini tentu memengaruhi karena restoran atau mal hanya bisa digunakan maksimal 50 persen dari kapasitas, sedangkan pengelola harus mengeluarkan biaya yang sama.
 
"Studi yang saya lakukan memperlihatkan meskipun kapasitas pasar masih tinggi, orang enggak akan ekspansi. Ya ngapain juga nambahin investasi baru kalau investasi yang ada ituunder utilize," pungkas dia.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif