Bank Indonesia. Foto : MI/Usman Iskandar.
Bank Indonesia. Foto : MI/Usman Iskandar.

BI Masih Optimistis Ekonomi Sumut Sesuai Target

Ekonomi Bank Indonesia komoditas ekonomi daerah Sumatra Utara Lebaran 2022 Ramadan 2022
Antara • 04 Mei 2022 09:54
Medan: Bank Indonesia (BI) masih optimistis ekonomi Sumatera Utara pada 2022 bisa bertumbuh sesuai target atau di rentang 3,7-4,5 persen meskipun secara nasional ada revisi pertumbuhan ekonomi menjadi 4,5-5,3 persen.
 
"Keoptimisan mengacu pada pemulihan ekonomi Sumatera Utara yang terus terjadi, meski pun masih berjalan secara gradual," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Doddy Zulverdi, dikutip dari Antara, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Adapun target pertumbuhan ekonomi nasional direvisi menjadi 4,5-5,3 persen dari proyeksi awal sebesar 4,7-5,5 persen. Ia mengatakan perekonomian Sumatra Utara yang bertumbuh itu didorong meluasnya vaksinasi covid-19 dan kenaikan harga komoditas. Vaksinasi yang semakin meluas mendorong semakin tingginya mobilitas dan konsumsi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harga komoditas yang tren menguat dan meningkatnya volume ekspor Sumut mendorong pertumbuhan ekonomi," katanya.
 
Meski pertumbuhan ekonomi diyakini membaik, ujar dia, tetap perlu diwaspadai sejumlah faktor yang dapat menahan pertumbuhan tersebut.
 
Mulai masih memungkinkannya varian baru covid-19 berkembang dan masih berlanjutnya konflik geopolitik internasional yang dapat mendorong investor untuk melakukan sikap menunggu dan melihat dalam berinvestasi.
 
"Untuk itu semua harus kerja keras termasuk menahan laju inflasi," katanya.
 
Apalagi, katanya, di Ramadhan dan Idulfitri, ada tren kenaikan berbagai harga barang kebutuhan.
 
"Harapannya inflasi bisa ditekan, kemudian harga komoditas dan volume ekspor terus naik agar ekonomi terus bertumbuh," katanya.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif