Presiden Joko Widodo. Istana Kepresidenan/Kris.
Presiden Joko Widodo. Istana Kepresidenan/Kris.

Jokowi Tempatkan 4 Wamen di Kementerian Ekonomi

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf
Desi Angriani • 25 Oktober 2019 13:50
Jakarta: Presiden Joko Widodo menempatkan empat wakil menteri di bidang ekonomi dalam Kabinet Indonesia Maju. Mereka dilantik di Istana Negara, Jakarta, Jumat siang, 25 Oktober 2019.
 
Untuk Wakil Menteri BUMN, Jokowi memilih Direktur PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo. Keduanya akan membantu Menteri BUMN Erick Thohir dalam menangani ratusan badan usaha pelat merah di Indonesia.
 
"Saya sama Pak Tiko diminta Pak Presiden untuk bantu Pak Erick," kata Budi seusai menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara diamanahi membantu Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam mengelola fiskal dan kebijakan makroekonomi.
 
Suahasil mengatakan Presiden menginginkan percepatan investasi, serapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.
 
"Saya ingin menyampaikan saya mendapat arahan dari Bapak Presiden sebagai wakil menteri keuangan," ucap Suahasil.
 
Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan ditempati oleh politikus Partai Golkar Jerry Sambuaga. Jerry akan membantu sektor perundingan dagang internasional bersama Mendag Agus Suparmanto.
 
"Presiden arahkan fokus penyelesaian perjanjian yang belum selesai, baik regional maupun global dan berdayakan ekonomi kita," imbuh Jerry.
 
Adapun delapan wakil menteri lainnya ialah Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Wamen Pariwisata dan Ekraf Angela Tanoesoedibjo, Wamen Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra, Wakil Menteri PUPR Wempi Wetipo, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong dan Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi.
 
Jokowi sebelumnya memastikan bakal ada wakil menteri. Para wamen berisi dari kalangan profesional dan partai politik. Ia menegaskan para wakil menteri memiliki kompetensi yang mendukung kerja menteri Kabinet Indonesia Maju.
 
"Jadi, sebetulnya sudah selesai wamen ini. Ada yang dari partai, ada yang dari profesional," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif