Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian

Pemerintah Dorong Peningkatan Produk Dalam Negeri di Infrastruktur Kelistrikan

Angga Bratadharma • 24 November 2022 11:01
Jakarta: Seiring dengan adanya pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan industri, dan pertambahan penduduk, tentunya pasokan tenaga listrik yang andal dan mencukupi menjadi sangat penting untuk disediakan. Hal itu tentunya sebagai penopang aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat.
 
Artinya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan mulai dari pembangkit, transmisi, hingga distribusi harus terus dilakukan pemerintah dengan melibatkan peran BUMN, swasta, dan masyarakat. Adapun pemerintah terus mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri di berbagai proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.
 
Oleh karena itu, pemerintah secara bertahap terus mendorong produsen dalam negeri untuk dapat berkontribusi memenuhi kebutuhan barang/jasa di sektor ketenagalistrikan. Komponen utama kelistrikan yang dulu hanya bisa diimpor kini sudah bisa diproduksi di dalam negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggaran belanja yang sebelumnya mengalir ke luar negeri, kini didorong mengalir dan berputar di dalam negeri. Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dulu hanya menjadi penonton, kini dapat terlibat langsung menjadi bagian dalam rantai pasok industri kelistrikan.
Baca: Sri Mulyani: Pengelolaan Barang Milik Negara Terus Dikembangkan Demi Beri Nilai Tambah

Teknisi dan tenaga ahli yang dulu berasal dari asing, kini didorong berasal dari teknisi dan tenaga ahli lokal. "Kita perlu dorong agar betul-betul produksi nasional bisa mendukung tantangan besar dalam infrastruktur kelistrikan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dilansir dari keterangan tertulisnya, Kamis, 24 November 2022.
 
"Semuanya butuh mesin, peralatan, dan perlengkapan. Terlebih sekarang Indonesia sedang melakukan transisi energi yang akan membentuk banyak perubahan di sektor ketenagalistrikan," tambah Airlangga, saat menyampaikan arahannya pada acara pembukaan PLN Locomotion 2022 bertema 'Building Synergy of Local Content for Indonesia Future Energy'.
 
Menko Airlangga mengawali kegiatan dengan mengunjungi pameran Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mempertemukan pelaku bisnis lokal dengan target market, melalui exhibition, diskusi, dan kerja sama, yang bertujuan mendorong peningkatan ekosistem produk lokal dan membangun sinergi antar instansi dan produsen, serta UMKM lokal.
 
Namun, Airlangga meminta TKDN jangan sampai hanya menjadi jargon. Ini adalah gerakan nasional, gerakan gotong royong. Dengan TKDN ini, pemerintah mendorong komponen-komponen produk untuk bisa dikerjakan SDM dalam negeri. Bahan-bahan dan penggunaan peralatannya juga harus dari dalam negeri.
 
"Sehingga ini yang disebut TKDN, bukan hanya mereknya, tetapi kandungannya adalah yang bisa menggerakan roda perekonomian nasional," pungkasnya.

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif