Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Dana Asing Masuk RI Bertambah Jadi Rp177 Triliun

Ekonomi bank indonesia capital inflow
Desi Angriani • 23 Agustus 2019 18:11
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke Indonesia secara year to date (ytd) hingga 23 Agustus 2019 mencapai Rp177 triliun. Dana tersebut masuk melalui berbagai instrumen pasar keuangan yakni, Surat Berharga Negara (SBN) dan saham.
 
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menerangkan dana asing tersebut masuk melalui Surat Berharga Negara sebesar Rp114,9 triliun dan saham sebanyak Rp63,1 triliun.
 
"Jumlah atau total aliran inflow dalam SBN dan saham Rp177,9 triliun terdiri dari Rp114,9 triliun SBN dan RP63,1 triliun ke saham," kata Perry di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perry mengungkapkan peningkatan aliran dana asing masuk ke RI sudah tampak sejak awal Agustus. Hal ini didorong oleh tensi perang dagang AS-Tiongkok dan beberapa kebijakan negeri Tirai Bambu terhadap mata uangnya.
 
"Pada awal Agustus ada kenaikan ketidakpastian global terkait eskalasi trade tension," ungkapnya.
 
Menurutnya, penambahan dana asing menunjukkan konfiden investor terhadap perekonomian Indonesia. Selain imbal hasil, investasi aset keuangan domestik ke SBN juga masih menarik.
 
"Imbal hasil investasi aset keuangan domestik khususnya ke SBN masih cukup menarik," pungkas Perry.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif