Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: Kementerian Keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: Kementerian Keuangan

Sri Mulyani Teken Kerja Sama Ekonomi dan Keuangan dengan Singapura

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi ekonomi singapura indonesia-singapura Ekonomi Indonesia
Eko Nordiansyah • 25 Januari 2022 09:29
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Indonesia Sri Mulyani Indrawati menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Singapore Minister of Finance Lawrence Wong. MoU tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan keuangan bilateral antara kedua negara secara lebih erat di masa mendatang.
 
"Kami melakukan MoU antara Kementerian Keuangan Indonesia dan Singapura untuk mempererat kerja sama dan relasi, serta banyak kerjasama dengan Kementerian Keuangan Singapura," kata dia, dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Selasa, 25 Januari 2022.
 
Adapun area kerja sama yang tercakup dalam MoU ini antara lain di sektor fiskal, ekonomi, ekonomi internasional, kebijakan perpajakan, kepabeanan, perbendaharaan, jasa keuangan, ekonomi digital, manajemen aset, pembiayaan perubahan iklim, tata kelola sektor publik yang baik, serta pengelolaan dan analisis data.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sangat menyambut baik dan mudah-mudahan MoU ini membuat Indonesia dan Singapura dapat bekerja sama dalam banyak hal yang menjadi kepentingan bersama, apakah ini terkait dengan teknologi digital, perpajakan, dan kepabeanan," ujarnya.
 
Sebagai bentuk implementasi MoU, kedua negara sepakat untuk melakukan Dialog Kebijakan: Indonesia-Singapore Finance Dialogue (ISFED), pertukaran informasi dan pengalaman tentang kebijakan fiskal, kunjungan dua arah secara berkala, program peningkatan kapasitas, seperti training, workshop, dukungan ahli, magang, maupun pertukaran staf, serta kerja sama lainnya yang disepakati kedua pihak.
 
Nota kesepahaman ini merupakan bagian dari deliverables dalam Leaders Retreat Indonesia-Singapura yang akan dilaksanakan di Lagoi, Bintan. Sri Mulyani berharap kerja sama tersebut akan terus berkembang karena Singapura dan Indonesia memiliki banyak program yang saat ini sudah ada dan perlu untuk terus dilanjutkan.
 
"Kami mempercepat pemulihan ekonomi maupun perubahan struktural. Ada begitu banyak ruang peluang untuk bekerja sama dengan Singapura dalam cara yang sangat signifikan. Jadi saya berharap MoU ini akan memberikan landasan yang kuat bagi kedua negara untuk bekerja sama," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif