Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom/Eko.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Medcom/Eko.

THR PNS Mulai Cair H-10 Lebaran

Ekonomi pns Sri Mulyani tunjangan hari raya Kementerian Keuangan pandemi covid-19
Annisa ayu artanti • 16 April 2022 14:06
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dimulai pada H-10 lebaran.
 
"Seperti pada tahun tahun sebelumnya, pencairan THR direncanakan dimulai pada periode H-10 dari hari idul fitri," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Sabtu, 16 April 2022.
 
Ia menjelaskan, untuk pencairannya, kementerian atau lembaga akan mengajukan surat perintah membayar kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang mulai bisa dilakukan Senin, 18 April 2022. Setelah itu, THR dapat dicairkan oleh KPPN sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ani, sapaan akrabnya, juga menuturkan jika THR belum juga cair sampai hari raya datang karena ada masalah teknis maka THR bisa disalurkan setelah hari raya.
 
"Saya berharap semua bisa dilakukan, sehingga ASN dari pusat dan daerah sudah bisa menerima THR sebelum hari raya," ucapnya.
 
Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 mengenai THR dan gaji ke-13.
 
Untuk tahun ini THR akan diberikan kepada seluruh aparatur negara dan pensiunan, dengan rincian aparatur negara pusat sebanyak 1,8 juta pegawai, aparatur negara daerah adalah 3,7 juta pegawai, dan pensiunan sekitar 3,3 juta orang
 
Pemerintah juga telah mengalokasikan dana untuk THR tahun ini yakni Rp10,3 triliun untuk aparatur sipil negara pusat termasuk TNI dan Polri, sebanyak Rp15 triliun untuk aparatur sipil negara daerah, dan Rp9 triliun untuk pensiunan.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif