Mantan Gubernur BI, Darmin Nasution. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.
Mantan Gubernur BI, Darmin Nasution. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Menko Darmin Gelar Rakor Bahas Pangan & Kewenangan Bulog

Ekonomi kementerian perekonomian
Suci Sedya Utami • 14 Januari 2016 18:48
medcom.id, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengundang sejumlah menteri seperti Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, dan Dirut Perum Bulog Djarot Kusumayakti untuk membahas masalah pangan.
 
"Bahas pangan mulai dari produksi di tahun ini, ramalan harga, dan sebagainya," kata Lembong, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).
 
Selain membahas mengenai pangan, lanjut Lembong, rapat kali ini juga membicarakan mengenai peranan dan kewenangan Bulog dalam mengelola tata logistik nasional.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Djarot menambahkan kewenangan yang dimaksud yakni selama ini Bulog hanya mengurusi permasalahan beras saja. Kewenangan anak usaha BUMN ini akan ditambah juga untuk mengelola komoditas lainnya seperti daging, jagung, minyak, daging, daging ayam, telur, bawang merah, cabai, dan terigu.
 
"Kemarin kan hanya ngurus beras. Kalau ke depan diperluas kan tentu organisasinya sudah dipersiapkan, infrastrukturnya, standar operasionalnya termasuk bisnis modalnya," ujar dia.
 
Lebih jauh, Djarot mengatakan, untuk pendanaan nantinya akan diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres). Nantinya setiap kali ditugaskan Pemerintah akan memberikan jaminan pencairan kredit.
 
"Regulasi itu minggu depan Insya Allah dalam bentuk Perpres," jelasnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif