Menko Perekonomian Darmin Nasution. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Menko Perekonomian Darmin Nasution. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Revisi 72 UU untuk Permudah Perizinan Investasi

Ekonomi perizinan kemudahan berusaha
Eko Nordiansyah • 13 September 2019 15:37
Jakarta: Pemerintah akan mengebut revisi 72 undang-undang (UU) menjadi satu rancangan undang-undang dalam bentuk omnibus law. Revisi ini dimaksudkan agar mempermudah perizinan, khususnya yang selama ini dinilai menghambat investasi di Indonesia.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan alasan revisi melalui omnibus law adalah karena terlalu banyak UU yang mengatur soal perizinan di dalamnya. Terlebih perizinan ini memengaruhi kemudahan investasi di dalam negeri.
 
"Enggak bisa kita ubah kalau tidak dibuat omnibus law. UU-nya yang menyangkut perizinanan saja itu ada 72 undang-undang," kata dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, Darmin enggan membeberkan UU mana saja yang dianggap menghambat perizinan investasi. Jika ada ketentuan dalam UU yang mengatur soal perizinan, maka pemerintah akan merevisinya sehingga akan lebih mudah bagi investor yang akan mengajukan izin.
 
Selain mengubah UU melalui omnibus law, pemerintah juga akan menegaskan kewenangan pemerintah pusat melalui kementerian/lembaga (K/L) dengan kewenangan pemerintah daerah. Harapannya agar tidak ada lagi tumpang tindih aturan terkait masalah perizinan.
 
Dirinya menambahkan, K/L juga harus membuat Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) yang kewenangannya akan didesentralisasikan kepada pemda. Sehingga seluruh perizinan akan diproses sesuai dengan NSPK yang berlaku.
 
"NSPK-nya sudah betul belum? Bagaimana templatenya bagaimana contohnya NSPK yang betul. Semua KL perlu memperbaharui NSPK-nya, sehingga dia benar-benar bisa dilaksanakan secara operasional oleh pemda," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif