Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara - - Foto: dok Kemenkeu.
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara - - Foto: dok Kemenkeu.

Punya Dampak Positif, Pemerintah Dorong Ekosistem Sektor Perumahan

Eko Nordiansyah • 07 Juli 2022 14:42
Jakarta: Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan sektor perumahan adalah salah satu sektor yang selama periode pandemi yang mendapatkan pukulan yang cukup dalam. Untuk itu, sektor perumahan menjadi sektor prioritas untuk segera dipulihkan.
 
Ia mengungkapkan, sektor perumahan memiliki dampak positif terhadap sektor lainnya, terutama industri-industri lokal. Menurut dia, sektor perumahan akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pemulihan dari dampak pandemi yang baru terasa.
 
"Sebenarnya dengan konstruksi sektor perumahan yang sangat padat dengan kandungan lokal, maka industri perumahan ini terutama konstruksinya adalah satu kegiatan ekonomi yang sangat krusial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan," kata dia dalam video conference, Kamis, 7 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini pemerintah telah memberikan perhatian serius terhadap sektor perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Misalnya, pemerintah telah menggelontorkan dana mencapai Rp85,7 triliun melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).
 
"Dukungan pemerintah selama ini juga sangat luar biasa melalui berbagai macam cara. Pemerintah memberikan support kepada Tapera melalui fasilitas likuiditas dan pendanaan perumahan. Pemerintah juga berikan support PT SMF yang menjadi salah satu inisiator dari acara sekuritisasi ini," ungkapnya.
 
Baca juga: Pakai APBN, Sri Mulyani Gelontorkan Rp85,7 Triliun untuk Subsidi Rumah MBR

 
Pemerintah juga memiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Perumnas (Persero) untuk mendukung konstruksi di sektor perumahan. Selanjutnya, ada PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau BTN yang salah satu fokus kerjanya adalah pembiayaan untuk sektor perumahan.
 
"Saya ingin keempat alat pemerintah ini bekerja secara sinergi, kita pastikan sinergi berlangsung diantara seluruh alat negara untuk mendukung pemulihan sektor perumahan di Indonesia dan lebih lanjut dengan anggaran pemerintah yang disalurkan melalui kementerian/lembaga dan juga pemerintah daerah," pungkas dia.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif