Gedung Ditjen Pajak Kementerian Keuangan. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR
Gedung Ditjen Pajak Kementerian Keuangan. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Ditjen Pajak Beroperasi Normal Jelang Akhir Tahun

Ekonomi pajak penerimaan pajak
Eko Nordiansyah • 24 Desember 2019 12:14
Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan tetap beroperasi normal menjelang akhir 2019. Tidak ada operasional tambahan sebelum tutup buku penerimaan pajak tahun ini.
 
Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan, pelayanan di kantor pajak akan dijalankan seperti hari biasanya. Apalagi ada SPT Masa PPN yang jatuh tempo akhir bulan ini.
 
"Normal saja, karena jatuh tempo pelaporan SPT di akhir tahun (31 Desember) hanya untuk SPT Masa PPN dan itupun sudah banyak yang e-filing," kata Hestu Yoga, kepada Medcom.id, di Jakarta, Selasa, 24 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara terkait penerimaan, Hestu enggan membeberkan lebih jauh realisasi yang sudah tercapai. Menurut dia laporan realisasi pajak akan disampaikan oleh Kemenkeu secara menyeluruh.
 
"Untuk penerimaan (pajak), nanti setelah akhir tahun akan disampaikan Kemenkeu bersamaan dengan realisasi belanja, defisit dan lain-lain," jelas dia.
 
Hingga akhir November 2019, penerimaan pajak tercatat baru Rp1.136,17 triliun. Penerimaan pajak baru tercapai 72,02 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.
 
Penerimaan pajak sedikit turun 0,04 persen dari tahun 2018 sebesar Rp1.136,66 triliun. Salah satu penyebabnya adalah penerimaan penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Migas tercatat hanya Rp52,9 triliun dari target Rp66,2 triliun.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif