Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Menkeu Perkirakan Ekonomi Tumbuh 5,2% di Kuartal III-2017

Ekonomi pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia kssk
Suci Sedya Utami • 01 November 2017 06:02
medcom.id, Jakarta: Pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga dan keempat akan lebih tinggi dari kuartal sebelumnya. Adapun data realisasi kuartal ketiga akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) di pekan depan.
 
Hal tersebut merupakan hasil dari assessment yang telah dilakukan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi di sepanjang 2017 yang diperkirakan akan berada pada tingkat 5,17 persen, atau lebih rendah di bawah target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 di angka 5,2 persen.
 
"Kuartal tiga dan empat estimasi 5,2 persen dan 5,4 persen. Total seluruhnya di 2017 adalah 5,17 persen," kata Ani, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers triwulanan KSSK, di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta Selatan, Selasa malam 31 Oktober 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu faktor yang menjadi pendorong pertumbuhan yakni konsumsi rumah tangga, yang ditaksir akan tumbuh lima persen tahun ini. Meski memang diakui untuk konsumsi kelas menengah ada penurunan dari tahun lalu, namun konsumsi dari kelas menengah ke bawah atau 30 persen paling bawah ada peningkatan pertumbuhan dibanding tahun lalu.
 
Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, hal itu salah satunya karena Presiden Jokowi meminta agar para pembantunya memfokuskan anggaran negara seperti transfer daerah dan juga anggaran sosial lainnya memiliki dampak ke masyarakat.
 
"Jadi pemerintah tetap melihat dan akan memproyeksikan pertumbuhan konsumsi sampai akhir tahun tetap bertahan di level pertumbuhan lima persen," pungkas dia.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif