Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Medcom/Ayu.
Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Medcom/Ayu.

KSSK Pastikan Stabilitas Sistem Keuangan Terjaga di Triwulan II

Ekonomi ekonomi indonesia kssk
Annisa ayu artanti • 31 Juli 2018 20:17
Jakarta: Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menjelaskan stabilitas sistem keungan pada kuartal II-2018 dalam kondisi yang terjaga. Hal tersebut terlihat dari tingkat inflasi serta likuiditas sistem keuangan yang mencukupi serta tingkat defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja negara (APBN).
 
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan kondisi tersebut berdasarkan hasil pemantauan dari tingkat inflasi yang terjaga, likuiditas sistem keuangan yang mencukupi, cadangan devisa yang masih memadai, tingkat defisit Aanggaran Pendaptan dan Belaja Negara (APBN) yang terkendali.
 
"KSSK menyimpulkan stabilitas sistem keuangan triwulan II-2018 tetap terjaga di tengah meningkatnya tekanan yang berasal dari global," ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, 31 Juli 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan kinerja perbankan dalam kondisi yang baik, tercermin peningkatan pertumbuhan kredit dengan tingkat risiko kredit yang terkendali serta permodalan dan likuiditas kredit yang terkendali.
 
Namun KSSK melihat adanya tekanan pada nilai tukar rupiah dan Surat Berharga Negara (SBN), lantaran ekspektasi dari kenaikan Fed funds rate serta perang dagang Amerika Serikat dengan mitra dagangnya.
 
"KSSK akan terus mencermati potensi risiko yang baik dari sisi eksternal maupun internal," tambahnya.
 
Lebih lanjut, untuk sisi domestik, mantan Direktur Pelaksana Bank dunia terus menjaga keseimbangan antara defisit transaksi berjalan dan pertumbuhan ekonomi, serta mengantisipasi perkembangan kondisi politik.
 
KSSK diketuai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, terdiri dari Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wariyo, Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah. Nantinya KSSK akan menyelenggarakan rapat berkala kembali pada Oktober 2018.
 


 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif