Setoran Dividen BUMN Ditetapkan Rp45,6 Triliun Tahun Depan

Eko Nordiansyah 19 September 2018 21:19 WIB
dividen bumnkementerian bumn
Setoran Dividen BUMN Ditetapkan Rp45,6 Triliun Tahun Depan
Gedung Kementerian BUMN. Foto: Antara/Wahyu Putro.
Jakarta: Pemerintah menargetkan pembagian dividen dari laba yang didapatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebanyak Rp45,6 triliun. Setoran dividen tersebut berasal dari BUMN yang berada di bawah Kementerian BUMN dan BUMN yang di berada bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Di mana Rp44,7 triliun berasal dari BUMN di bawah pembinaan Kementerian BUMN, Rp850 miliar dividen BUMN di bawah pembinaan Kementerian Keuangan," kata Sekretaris Kementerian BUMN Imam A Putro di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 19 September 2018.

Mayoritas dividen yang didapat berasal dari BUMN yang sudah tercatat sebagai perusahaan terbuka. Jumlahnya mencapai Rp29,03 triliun dari total dividen yang didapatkan negara.

"Sisanya sekitar Rp15 triliun dari BUMN yang sifatnya tertutup, sehingga dari tahun ke tahun jumlah BUMN yang menyumbang dividen ke negara terus meningkat," jelas dia.

Baca juga: Rini Minta tak Ada Lagi BUMN Rugi

Untuk BUMN tertutup, jelas Imam, terdiri dari BUMN sektor agro dan farmasi yang menyumbang dividen sebesar Rp259,3 miliar. Sedangkan BUMN sektor energi menyumbang dividen sebanyak Rp675,98 miliar, serta BUMN sektor industri pertambangan strategis dan media sebesar Rp8,5 triliun.

Selain itu, BUMN sektor konstruksi dan perhubungan juga akan memberikan pemasukan pada kas negara sebesar Rp2,757 triliun. Sementara BUMN sektor jasa keuangan dan konsultan sebesar Rp3,28 triliun, dan BUMN sektor restrukturisasi akan menyumbang Rp221 miliar.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id