Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Medcom.id/Roni Kurniawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Medcom.id/Roni Kurniawan

Ridwan Kamil Upayakan Pertumbuhan Ekonomi Jabar 2,3%

Ekonomi ridwan kamil Pertumbuhan Ekonomi ekonomi daerah Sarana Multi Infrastruktur PT SMI
Annisa ayu artanti • 27 Juli 2020 12:57
Jakarta: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengusahakan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa mencapai 2,3 persen agar bisa mengerek pertumbuhan ekonomi nasional.
 
"Kami (pertumbuhan ekonomi) ini antara minus dua persen atau bisa positif 2,3 persen. Kami kerja keras supaya kejar 2,3 persen positif itu," kata Ridwan saat Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dan Jabar dengan PT SMI tentang Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional, di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin, 27 Juli 2020.
 
Pria yang kerap disapa Kang Emil ini menyampaikan pihaknya baru saja mendapatkan tiga bantuan luar biasa yaitu pinjaman daerah, dukungan kerja sama antara pemerintah daerah dengan badan usaha melalui Viability Gap Fund (VGF), serta penempatan dana pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional di Bank BJB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketiga hal tersebut diyakini dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang diprediksi melemah akibat pandemi covid-19.
 
"Ketiga instrumen ini diharapkan bisa gerak secepatnya dalam sisa enam bulan ini khususnya di 2020," ungkapnya.
 
Dengan pulihnya ekonomi Jawa Barat, dia meyakini juga akan membantu produk domestik bruto nasional.
 
"Kami kerja keras supaya kejar 2,3 persen positif itu karena kalau Jabar terkerek tentu nasional ikut terbawa naik dengan populasi kami yang sangat besar," jelasnya.
 
Pemprov Jabar baru saja memperoleh pinjaman sebesar Rp4 triliun dari pemerintah pusat melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Pinjaman tersebut terdiri dari Rp1,9 triliun di 2020 dan Rp2,09 triliun di 2021.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif