Ilustrasi - - Foto: MI/ Panca Syurkani
Ilustrasi - - Foto: MI/ Panca Syurkani

Sisa 3 Bulan, Target PNBP Rp400 Miliar dari BMN Mungkin Tercapai

Ekonomi penerimaan negara bukan pajak aset negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
Eko Nordiansyah • 18 September 2020 17:28
Jakarta: Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan meyakini target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) sebesar Rp400 miliar mungkin tercapai.
 
Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi DJKN Kemenkeu Purnama T Sianturi mengatakan biasanya PNBP untuk pemanfaatan BMN berkisar antara Rp300 miliar sampai Rp500 miliar. Namun pencapaian target penerimaan ini terganggu oleh pandemi covid-19.
 
"Target sekitar Rp400 miliar lebih itu akan tercapai. Masih ada sisa waktu tiga empat bulan untuk kejar proses penilaian dan menetapkan nilai semuanya," katanya dalam videoconferencedi Jakarta, Jumat, 18 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan target PNBP dari pemanfaatan BMN memang tidak terlalu besar. Pasalnya penerimaan dari sektor ini tidak hanya dari pemanfaatan aset negara tapi juga dari penjualan.
 
"Oleh karena itu, boleh dikatakan bahwa selama covid ini kan petugas kami itu terhambat turun ke lapangan, penilaiannya, apalagi Maret, April, Mei, Juni. Sehingga kalau pun banyak permohonan pemanfaatan, itu terpaksa mundur di sekarang," ungkapnya.
 
Meski begitu, DJKN masih cukup optimistis target PNBP dari pemanfaatan BMN ini bisa dicapai. Terlebih dengan adanya penyederhanaan proses bisnis dan penyesuaian tarif pemanfaatan aset negara atau BMN melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor (PMK) Nomor 115 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN).
 
"Jadi, mengenai target kami kira relatif tercapai, yang ada hanya hal-hal lain yang sudah dibayarkan dulu-dulu itu yang kemudian akan kami bayarkan perhitungannya disewa ketika diperpanjang di tahun depan atau tahun berikutnya," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif