Ilustrasi aturan turunan UU Cipta Kerja - - Foto: Medcom
Ilustrasi aturan turunan UU Cipta Kerja - - Foto: Medcom

Baru 8 Draf Aturan Pelaksana UU Cipta Kerja yang Dipublikasikan

Ekonomi kementerian perekonomian Omnibus Law UU Cipta Kerja
Eko Nordiansyah • 10 November 2020 12:36
Jakarta: Kementerian Koordinator bidang Perekonomian meminta masukan masyarakat dalam menyusun aturan turunan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Apalagi baru delapan draf aturan pelaksana yang ada di portal resmi yang telah diluncurkan.

Rencananya akan ada 44 peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja, yang terdiri dari 40 Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan empat Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres). Seluruh aturan ini ditargetkan bisa rampung selama tiga bulan.
 
DilansirMedcom.id, Selasa, 10 November 2020, kedelapan draf RPP tersebut antara lain RPP Penertiban Kawasan dan Tanah Terlantar, RPP Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, serta RPP Tentang Pendirian Badan Usaha Milik Desa.
 
Kemudian ada RPP Tentang Lembaga Pengelola Investasi, RPP Pelaksana Undang-Undang Cipta Kerja Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral, RPP Hak Pengelolaan dan Hak Atas Tanah, RPP Pelaksanaan UU Cipta Kerja untuk Kawasan Ekonomi Khusus, dan RPP tentang Informasi Geospasial Pelaksanaan Cipta Kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedelapan draf ini diunggah di portal resmiuu-ciptakerja.go.idtidak sekaligus, melainkan dilakukan sejak 6 November 2020 lalu sampai dengan hari ini.

 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan pemerintah akan menyelesaikan semua peraturan pelaksanaan dan memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada seluruh komponen masyarakat.
 
"Untuk dapat memberikan masukan dan menyampaikan usulan dalam penyiapan dan perumusan seluruh peraturan pelaksanaan Undang-Undang Cipta Kerja," kata dia dalam keterangan resminya, Senin, 9 November 2020.
 
Saat ini 19 Kementerian/Lembaga (K/L) yang menjadi penanggung jawab dari draft RPP maupun RPerpres, bersama lebih dari 30 K/L lainnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif