Menkeu Ingatkan Pentingnya Penguatan Struktur Ekonomi Optimalkan Pertumbuhan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengingatkan pentingnya penguatan struktur ekonomi dengan mendorong peran investasi maupun ekspor untuk optimalisasi pertumbuhan ekonomi. Penguatan itu juga penting dalam rangka menekan sejumlah risiko yang bisa datang kapan saja dan di mana saja.

"Kita sekarang harus membuat struktur ekonomi jauh lebih kuat dengan menciptakan industri yang bisa memproduksi bahan baku dan bahan modal," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Rabu malam, 9 Mei 2018.

Ani, sapaan akrabnya, mengatakan, kinerja investasi yang saat ini sedang tumbuh tinggi atau mencapai 7,95 persen pada triwulan I-2018 harus ditingkatkan agar kian berkontribusi kepada perekonomian nasional.

Sedangkan sektor ekspor yang tumbuh 6,17 persen atau hanya setengah dari impor yang tumbuh 12,75 persen pada periode sama harus mulai diperkuat untuk memperkecil defisit neraca transaksi berjalan.



"Ekspor kita baru separuhnya dari impor dan ini akan jadi salah satu penghambat. Apabila kita ingin tumbuh tinggi maka ekspor kita harus dipacu," tegas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Untuk itu, lanjut Ani, pemerintah akan kembali memperkuat kebijakan untuk mendorong kinerja investasi dan ekspor yang salah satunya dengan perumusan insentif fiskal agar fundamental ekonomi makin terjaga.

"Karena ini adalah cara untuk menyelesaikan dan meng-address isu yang sifatnya struktural," ujar Ani.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia pada triwulan I-2018 mencapai sebesar 5,06 persen (yoy) atau tumbuh lebih menjanjikan dibandingkan dengan periode sama di 2017 yang hanya tercatat 5,01 persen.

Meski demikian, pencapaian tersebut belum terlalu optimal atau masih di bawah sejumlah proyeksi yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan I-2018 berada pada kisaran 5,1-5,2 persen.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id