Tunjangan Hari Raya. Foto : Mi/Ramdani.
Tunjangan Hari Raya. Foto : Mi/Ramdani.

Hore, Tahun Ini Seluruh Aparatur Negara, TNI, Polri Peroleh THR

Ekonomi tni polri tunjangan hari raya pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Annisa ayu artanti • 16 April 2022 13:00
Jakarta: Pemerintah mengumumkan untuk tahun ini Tunjangan Hari Raya diberikan kepada seluruh aparatur negara, TNI, Polri, serta pensiunan. Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.
 
"Dalam hal ini aparatur negara pusat adalah 1,8 juta pegawai, aparatur negara daerah adalah 3,7 juta pegawai, dan pensiunan sekitar 3,3 juta orang," sebut Sri Mulyani dalam konferensi pers, Sabtu, 16 April 2022.
 
Ia menjelaskan kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 ini merupakan wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara serta pensiunan dalam menangani pandemi  melalui pelayanan masyarakat dan upaya pemulihan ekonomi nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(THR) diharapkan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menambah daya beli masyarakat," ujarnya.
 
Adapun, besaran THR tahun ini sebesar gaji atau pensiunan pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok, seperti tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan dan 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.
 
"Jadi besarannya lebih besar dari 2021," pungkasnya.
 
Sementara itu, bagi instansi daerah, Sri Mulyani menambahkan besaran THR paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan.
 
"Jadi, kalau untuk pemerintah pusat tadi, tunjangan kinerja per bulan ditambahkan dalam THR dan gaji ke-13. Untuk instansi daerah, 50 persen adalah paling banyak tambahan penghasilan, tentu memperhatikan fiskal masing-masing daerah," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, akibat pandemi covid-19 yang melanda, pada 2020 THR hanya diberikan kepada aparatur negara tertentu yakni pejabat di bawah eselon 2 serta pensiunan. Besaran THR dan gaji ke-13 hanya berupa gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan.
 
Lalu pada 2021, meski ancaman covid-19 masih sangat berat THR dan gaji ke-13 dibayarkan kepada seluruh aparatur negara dan pensiunan dengan besaran gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan melekat, dan tunjangan jabatan.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif