Kepala BPS Margo Yuwono. Foto: dok BPS.
Kepala BPS Margo Yuwono. Foto: dok BPS.

Inflasi Tahunan Juni Tembus 4,35%, Tertinggi Sejak 2017

Eko Nordiansyah • 01 Juli 2022 10:25
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Juni 2022 sebesar 0,61 persen. Perkembangan ini membuat inflasi secara tahun kalender (ytd) sebesar 3,19 persen, sedangkan inflasi dari tahun ke tahun yoy mencapai 4,35 persen.
 
Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, kenaikan inflasi secara tahunan pada bulan lalu merupakan yang tertinggi sejak lima tahun terakhir. Pasalnya inflasi Indonesia secara tahunan pernah menyentuh 4,37 persen pada Juni 2017.
 
"Inflasi year on year 4,35 persen ini merupakan inflasi yang tertinggi sejak Juni 2017, dimana pada saat itu Juni 2017 inflasi kita sebesar 4,37 persen," kata dia dalam video conference, Jumat, 1 Juli 2022.
 
Baca juga: Dipimpin Cabai Merah, Inflasi Juni Capai 0,61%

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, kenaikan inflasi ini salah satunya dipicu oleh kenaikan harga komoditas di pasar internasional. Bahkan beberapa negara memberlakukan kebijakan restriksi sehingga membuat harga energi dan pangan global meningkat.
 
"Kalau kita lihat dari indeks harga komoditas global, ini menunjukkan untuk indeks energi ini terus menunjukan adanya kenaikan, sementara untuk komoditas pangan kalau dilihat cenderung stabil," ungkapnya.
 
Sementara itu, beberapa komoditas impor Indonesia, khususnya pangan seperti gula tercatat mengalami penurunan tipis sebesar 1,07 persen, kedelai naik 0,46 persen, gandum naik 5,45 persen, dan daging sapi turun 0,77 persen.
 
Di dalam negeri, kondisi cuaca hujan yang masih turun di beberapa sentra produksi hortikultura menyebabkan kenaikan harga khususnya untuk komoditas cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah yang menjadi penyumbang utama inflasi Juni 2022.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif