Ilustrasi Emas. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi Emas. Foto: MI/Ramdani

Sering Mendengar Emas Antam, Retro, dan Batik, Apa Bedanya?

Annisa ayu artanti • 11 Januari 2023 12:42
Jakarta: Emas menjadi salah satu instrumentasi yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Terlebih, dalam kondisi yang tidak menentu.
 
Emas merupakan investasi dengan risiko kecil dan memberikan keuntungan bagi pemiliknya dalam jangka panjang. Namun dalam perkembangannya, emas mengalami perkembangan dari masa ke masa.
 
PT Aneka Tambang Tbk (Antam), perusahaan BUMN yang memproduksi logam mulia tersebut memiliki dua tipe logam mulia yaitu emas tipe baru yang biasa disebut Logam Mulia Certi dan emas tipe lama atau Logam Mulia Retro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Antam juga mengeluarkan emas dengan motif batik atau yang disebut Logam Mulia Batik.
 
Baca juga: Cek Harga Emas Antam, Retro, Batik, UBS Hari Ini, Mana yang Lebih Murah? 

Lalu apa perbedaan tiga tipe emas tersebut?

Logam Mulia Certi

Mengutip laman Pegadaian, Rabu, 11 Januari 2023, Emas Certi merupakan sebutan untuk kemasan emas masa kini alias emas yang terbaru.
Kemasan baru ini disebut certicard, yang merupakan fitur keamanan pada kemasan emas.
 
Pada kemasan certicard, emas dan sertifikatnya sudah menyatu. Adapun untuk mengecek keaslian emasnya, bisa dengan memindai certicode atau kode sertifikasi melalui aplikasi.
 
Certicode ini terletak di bagian belakang kemasan dan mulai dicetak pada 2018 hingga sekarang dan telah mengalami beberapa kali perubahan penampilan. Kemasan baru emas ini juga disebut dengan kemasan press atau reinvented.
 
Selain bentuk dan kemasannya berbeda, harga jual dan beli pada kedua jenis emas ini juga berbeda. Logam Mulia Certi memiliki harga jual yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Logam Mulia Retro.

Emas Retro

Logam Mulia (LM) Retro merupakan sebutan untuk emas kemasan lama. Emas ini masih menggunakan plastik mika tebal sebagai pembungkusnya. Emas retro masih terpisah antara sertifikat dengan keping emasnya. Emas ini bisa digenggam langsung karena kemasannya yang bisa dibuka tutup.
 
Kemasan emas retro atau emas klasik ini terakhir kali diproduksi pada 2018.

Emas Batik

Selain mengeluarkan Logam Mulia Certi dan Retro, Antam memproduksi emas berbentuk batik. Ada berbagai macam emas batik yang disediakan seperti batik srimanganti, batik mahkota siger, batik bokor kencono, dan batik huk.
 
Emas dalam bentuk batik ini disediakan antam dengan berat beragam yaitu 10 gram dan 20 gram. Harga emas bentuk batik ini pun berbeda dengan Logam Mulia Certi dan Retro.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif