Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO.
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO.

Ditopang Sektor Pertanian, Penyaluran Kredit Baru Kuartal II Melonjak

Husen Miftahudin • 19 Juli 2022 12:57
Jakarta: Bank Indonesia (BI) dalam Survei Perbankan menyampaikan penyaluran kredit baru tumbuh positif pada kuartal II-2022. Secara kuartalan (qtq), pertumbuhan penyaluran kredit baru jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pada periode sebelumnya.
 
"Hal ini terindikasi dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) permintaan kredit baru kuartal II-2022 sebesar 96,9 persen, lebih tinggi dibandingkan 64,8 persen pada kuartal sebelumnya," ungkap hasil survei yang dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Selasa, 19 Juli 2022.
 
Berdasarkan jenis penggunaan, meningkatnya pertumbuhan kredit baru terjadi pada seluruh jenis kredit. Terindikasi dari SBT positif yang lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya, baik pada kredit modal kerja (SBT 92,0 persen), kredit investasi (SBT 89,8 persen), maupun kredit konsumsi (SBT 74,0 persen).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara sektoral, SBT pertumbuhan penyaluran kredit baru tertinggi tercatat pada sektor Pertanian, Perburuan, dan Kehutanan dengan SBT sebesar 75,1 persen. Diikuti oleh sektor Perdagangan Besar dan Eceran serta sektor Perikanan dengan SBT masing-masing sebesar 68,8 persen dan 58,9 persen.
 
Baca juga: BI: Prospek Kondisi Moneter Dorong Pembiayaan Baru Korporasi

 
Dalam survei yang sama, bank sentral memprakirakan outstanding kredit sepanjang 2022 tumbuh positif sebesar 9,2 persen (yoy). Angka ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit di tahun lalu yang hanya sebesar 5,2 persen (yoy).
 
"Sementara pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada 2022 diprakirakan tetap terjaga. Hal ini tercermin dari SBT prakiraan penghimpunan DPK 2022 sebesar 45,3 persen, bernilai positif meski tidak setinggi SBT 78,5 persen pada tahun sebelumnya," jelas survei tersebut.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif