Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

OJK: Akuntabilitas Perbankan Indonesia Meningkat 4,72%

Media Indonesia • 07 September 2022 09:49
Jakarta: Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae menyampaikan akuntabilitas perbankan Indonesia berada pada level 4,72 persen pada Juli 2022 atau meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 4,69 persen.
 
"Ini adalah suatu peningkatan, walaupun sedikit naiknya, tetapi menunjukan indikasi bahwa bank kita dapat dikatakan tingkat keuntungannya masih cukup tinggi," ujar Dian Ediana Rae dalam konferensi pers, dikutip Rabu, 7 September 2022.
 
Selain itu, Dian menambahkan, tingkat efisiensi perbankan juga terus menunjukan perbaikan. Hal ini tercermin dari rasio operasional terhadap pendapatan operasional sebesar 77,34 persen per Juli.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini menurun dibandingkan posisi pada Juni 2022 sebesar 78,46 persen, dan ini menunjukkan efisiensi yang semakin baik," imbuhnya.
 
Baca juga: Pacu Ekonomi Berkelanjutan, OJK Bangun Sistem Perbankan Berintegritas

 
Kemudian rasio kredit bank bermasalah berada di posisi 2,9 persen dan itu cukup baik karena di bawah lima persen. Sedangkan rasio kecukupan modal ada di level 24,90 persen atau meningkat dibandingkan posisi Juni 2022 sebesar 24,66 persen.
 
Sementara itu, Dian juga melihat kedepannya akan ada tantangan terkait dengan peningkatan suku bunga dan tekanan internasional, seperti harga-harga komoditas dan inflasi yang mengancam dunia khususnya dalam konteks komoditas-komoditas tertentu, dalam hal makanan dan migas.
 
"Langkah ke depan memang tidak mudah namun dengan likuiditas yang sangat cukup dimana Loan to Deposit Ratio (LDR) dibandingkan crowd deposit dari Juni masih 81,43 persen dan 124,43 persen. Dan kita optimis ekonomi akan tumbuh lebih lanjut dengan segala tantangan yang dihadapi sehingga perbankan akan terus membaik," pungkasnya.
(FICKY RAMADHAN)

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif