Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia Achmad Kusna Permana. FOTO: Allianz Life Indonesia
Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia Achmad Kusna Permana. FOTO: Allianz Life Indonesia

Begini Siasat Allianz Syariah Berdayakan Ekonomi Masyarakat

Angga Bratadharma • 05 April 2023 13:03
Jakarta: Unit Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Syariah) kembali menunjukkan komitmen mengembangkan asuransi syariah di Indonesia. Hal itu sekaligus membantu pemberdayaan ekonomi keluarga dan masyarakat Indonesia yang harapannya berdampak positif terhadap kesejahteraan di masa mendatang.
 
Upaya itu dilakukan melalui peluncuran Leads Generation Program AZ Force bersamaan dengan produk asuransi jiwa tradisional syariah yang terjangkau, yaitu AlliSya Handal. Peluncuran itu diilhami semangat Allianz Syariah untuk memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat dan ekonomi Indonesia.

Allianz Syariah melihat kesempatan kontribusi ini mengingat jumlah populasi Muslim di Indonesia sangat besar yakni mencapai 237 juta jiwa, atau sekitar 86 persen dari total populasi. Di sisi lain, menurut data OJK, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia pada 2021 baru 3,18 persen. Sedangkan penetrasi asuransi syariah pada 2021 hanya 0,14 persen.
 
Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia Achmad K Permana menyatakan Allianz Syariah melihat ada kebutuhan proteksi bagi masyarakat yang sangat besar, terutama bagi kelas menengah bawah yang masih belum terproteksi. Dalam hal ini, kondisi finansial sering menjadi hambatan utama.
Baca: Aset Kripto Diramal Kian Renyah di Kuartal II, Minat Beli?

"Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kami mengembangkan produk AlliSya Handal untuk mendukung misi kami melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia," kata Permana, dalam keterangannya, Rabu, 5 April 2023.

Membongkar mitos

Kombinasi antara Lead Generation Program, AZ Force, dan produk yang mudah dipahami serta terjangkau Allisya Handal, akan membantu membongkar mitos bahwa produk asuransi dianggap terlalu rumit atau mahal oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Hal ini akan mendorong asuransi untuk mempenetrasi di luar masyarakat kelas menengah atas yang selama ini lebih teredukasi mengenai produk asuransi, padahal jumlah masyarakat yang memerlukan proteksi sangatlah besar, yakni sekitar 214 juta orang.
 
Permana menjelaskan AZ Force, Leads Generation Program merupakan suatu platform yang diharapkan dapat membantu Allianz Syariah dalam berbagi kebaikan dan pada saat yang sama juga membantu menguatkan ekonomi keluarga Indonesia.
 
"Kami percaya bahwa produk serta program yang dijalankan bukan hanya dapat membantu seluruh masyarakat termasuk keluarga menengah bawah Indonesia untuk memiliki perlindungan asuransi, tetapi mampu mendukung pemberdayaan ekonomi serta mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dan industri asuransi Indonesia secara keseluruhan," pungkas Permana.

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan