Investasi Crypto
Investasi Crypto

Seberapa Untung Investasi Crypto? Intip Cara Mainnya Disini

Medcom • 24 Januari 2023 06:00

Jakarta: Apakah Anda sudah investasi crypto? Jenis investasi ini bisa dibilang masih baru bagi sebagian orang. Namun, crypto justru memiliki potensi keuntungan besar dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti saham. 
 
Crypto adalah mata uang digital yang bisa digunakan untuk membayar barang atau produk di internet. Salah satu contoh nyatanya adalah jual beli NFT berupa foto maupun video. 
 
Jika tertarik untuk berinvestasi crypto, maka Anda tidak perlu bingung tentang cara main yang aman. Kami akan memberikan panduan secara lengkap mengenai crypto ini. Simak selengkapnya disini!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga: Investor Bisa Manfaatkan Fitur yang Ada di Investasi Aset Kripto

Apa itu investasi crypto?

Investasi crypto adalah jenis investasi yang menggunakan mata uang digital sebagai aset yang Anda miliki. Secara sederhana, crypto bisa diibaratkan seperti uang virtual. 
 
Untuk melakukan transaksi, sobat Mecom harus mendaftarkan diri ke suatu exchange sebagai tempat jual-beli crypto. Beberapa mata uang digital yang cukup menjanjikan adalah Bitcoin, Ethereum, dan masih banyak lagi. 

Keuntungan Investasi Crypto

Crypto sebagai jenis investasi pastinya bisa memberikan keuntungan yang besar kepada pemiliknya. Tetapi, untuk jumlah keuntungan yang bisa didapatkan akan tergantung dengan koin crypto yang beli di exchange. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa dinikmati saat investasi crypto.   

  1. Universal

Keuntungan pertama yang bisa Anda nikmati saat membeli aset crypto adalah kemudahan bertransaksi dimanapun. Tidak mengenal negara atau aturan yang mengikat. Bahkan, jika sobat Medcom membeli produk/jasa di Amerika Serikat bisa menggunakan koin crypto yang dimiliki.

  1. Mudah Dipelajari

Selanjutnya, keuntungan kedua adalah Anda bisa mempelajari crypto dengan mudah. Apalagi jika Anda masih tergolong pemula di cryptocurrency bisa langsung praktek secara langsung. Tetapi, ada juga beberapa exchange yang memberikan panduan bertransaksi bagi pemula agar lebih memudahkan calon penghuninya. 

  1. Cepat Diuangkan

Selain menawarkan kemudahan dan mudah dipelajari, aset crypto juga sangat cepat untuk diuangkan. Hanya hitungan detik atau menit, Anda bisa langsung menarik uang dari crypto yang dimiliki sebelumnya. 

  1. Keuntungan Berlipat

Cryptocurrency cukup bisa dijadikan investasi jangka panjang karena potensi keuntungan yang didapatkan bisa melebihi keuntungan dari saham. Meskipun begitu, sobat Medcom juga perlu memilih koin crypto yang tepat agar tidak terkena scam. 

  1. Memiliki Keamanan yang Canggih

Sudah tidak diragukan lagi bahwa keamanan yang dimiliki cryptocurrency sangat canggih. Beberapa ekosistem crypto dunia memiliki keamanan yang berlapis seperti Ethereum (ETH). Oleh sebab itu, sobat Medcom tidak perlu meragukan keamanan saat ingin berinvestasi crypto kedepannya. 

Risiko investasi crypto

Seberapa Untung Investasi Crypto? Intip Cara Mainnya Disini
Selain menawarkan keuntungan pastinya instrumen investasi memiliki risiko yang perlu diperhitungkan. Crypto sebagai mata uang digital memiliki beberapa risiko yang bisa sewaktu-waktu sobat Medcom alami. Berikut adalah risiko yang bisa terjadi kepada Anda saat berinvestasi crypto:
 
Baca Juga: Pasar Aset Kripto Hadapi Tantangan Ketidakpastian Global

  1. Belum Memiliki Regulasi yang Kuat

Risiko pertama yang akan terjadi adalah belum adanya regulasi yang kuat untuk mengatur ekosistem crypto dunia. Dengan hal ini, maka transaksi jual-beli crypto terkadang tidak terdeteksi oleh lembaga terkait. 

  1. Cenderung Fluktuatif

Selanjutnya, risiko kedua adalah potensi naik-turun yang tidak terkendali. Sifat fluktuatif sangat membuat harga crypto menjadi tidak bisa diprediksi secara pasti. Bisa saja, hari ini turun tajam dan minggu depan naik secara signifikan. Oleh sebab itu, untuk menghindari kerugian Anda perlu melakukan analisa mendetail terhadap koin yang akan dibeli nantinya. 

  1. Masih Dianggap investasi Ilegal di Beberapa Negara

Aset crypto di beberapa negara masih dianggap ilegal karena tidak memiliki kedudukan hukum yang kuat. Dengan begitu, jika terjadi kerugian yang dialami pengguna tidak bisa diproses oleh pemerintah negara setempat. 

  1. Berpotensi Terkena Cyber 

Meskipun tingkat keamanan yang dimiliki cryptocurrency cukup tinggi. Potensi serangan cyber masih tetap ada karena cara kerja crypto yang menggunakan internet. Oleh karena itu, ada banyak modus yang dilakukan penipu untuk membobol akun crypto seseorang. Salah satunya menyebar phising link yang membahayakan aset crypto yang dimiliki. 

  1. Besaran Pajak yang Belum Jelas

Belum adanya regulasi yang pasti tentang cryptocurrency di beberapa negara akan membuat para pengguna bingung mengenai keberlangsungan crypto kedepan. Mereka khawatir jika nantinya diberlakukan pajak untuk setiap transaksi jual-beli aset crypto. 

Cara main crypto yang aman bagi pemula

Investasi crypto memerlukan beberapa teknik agar tidak mengalami kerugian yang besar. Apalagi cryptocurrency memiliki sifat fluktuatif sehingga para investor perlu melakukan riset secara detail terhadap koin yang akan dibeli. Berikut adalah tips main crypto yang aman bagi pemula. 

  1. Pelajari Seluk Beluk Cryptocurrency Terlebih Dahulu

Cryptocurrency bisa dianggap sebagai investasi yang cukup menjanjikan di masa depan. Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat diperlukan analisa terhadap koin crypto. 
Anda bisa memulainya dengan memahami apa itu crypto, mekanisme transaksi crypto di berbagai exchange, dan koin crypto yang memiliki potensi keuntungan tinggi. Dengan begitu, sobat Medcom bisa meminimalisir kerugian saat bertransaksi crypto secara langsung. 

  1. Pilih Koin Crypto yang Menjanjikan

Selanjutnya, saat Anda sudah mempelajari cryptocurrency secara detail. Langkah berikutnya adalah memilih aset crypto yang berpotensi untuk naik di masa depan. Beberapa koin crypto yang memiliki fundamental kuat yaitu Bitcoin, Ethereum, dan masih banyak lagi. 
Jika Anda masih pemula di cryptocurrency, kami menyarankan untuk membeli Bitcoin (BTC) sebagai aset crypto. Alasanya adalah koin crypto ini memiliki riwayat pergerakan harga yang menjanjikan. Selain itu, Bitcoin juga menjadi salah satu crypto yang memiliki kapitalisasi terbesar di dunia. 
 
Seberapa Untung Investasi Crypto? Intip Cara Mainnya Disini

  1. Jika Harga Turun, Jangan Panik Untuk Menjual Segera

Penggerakan crypto yang terkadang naik dan turun pastinya membuat mental sobat Medcom tidak tenang. Kondisi ini sangatlah wajar di cryptocurrency. Oleh karena itu, kami menyarankan kepada sobat Medcom agar tidak panik saat harga crypto sedang turun.

  1. Buat Portofolio yang Beragam

Hal yang tidak kalah penting adalah Anda membuat portofolio crypto beragam. Metode ini akan memungkinkan Anda bisa untung dari berbagai koin crypto. Jangan hanya berfokus memiliki 1 (satu) koin crypto saja karena hal ini cukup berisiko. Apalagi sifat fluktuatif yang dimiliki crypto bisa membuat Anda rugi besar kedepannya. 

  1. Hold Untuk Waktu yang Lama

Terakhir, sobat Medcom saat sudah memiliki beberapa aset crypto di akun exchange. Kami menyarankan untuk hold untuk waktu yang lama karena potensi keuntungan bisa semakin besar. Selain itu, Anda juga bisa meminimalisir kerugian saat melakukan investasi crypto jangka pendek. 
 
Baca Juga: Era Musim Semi Aset Kripto
 
Demikianlah pembahasan mengenai keuntungan-keuntungan yang diperoleh saat melakukan investasi crypto di tahun 2023. Jika Anda tertarik memulai bertransaksi crypto, kami menyarankan untuk menyiapkan mental dan analisa yang kuat.  (Muhammad Lutfi Khoiri)


 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif