Raffi Ahmad dan Nagita Slavina seorang pengusaha dan influencer Tanah Air. Foto: Instagram
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina seorang pengusaha dan influencer Tanah Air. Foto: Instagram

Jadi Profesi Menjanjikan, Apa itu Influencer?

Annisa ayu artanti • 09 Januari 2023 13:33
Jakarta: Sebagai warganet, mungkin tidak asing dengan kata influencer yang saat ini kerap menjadi perbincangan sebagai salah satu profesi menjanjikan di dunia maya.
 
Jika sobat Medcom membuat media sosial Instagram maupun TikTok, pasti banyak menemukan akun influencer yang menyuguhkan berbagai macam konten. Mulai dari pendidikan, finansial, beauty and health, bisnis, sport, hingga hiburan.
 

Apa Arti Influencer?

Arti Influencer adalah orang-orang yang memberikan pengaruh pada masyarakat luas. Berasal dari kata dasar influence yang artinya pengaruh. 
 
Tak hanya orang-orang yang sudah memiliki nama besar yang bisa menyematkan profesi influencer ini. Tetapi orang-orang biasa namun kreatif pun bisa menjadi seorang influencer. Terlebih, di era digital saat ini.

Saat ini biasanya influencer adalah orang yang memiliki pengikut atau followers di media sosial yang banyak. Dari situ, setiap konten yang mereka buat akan memberi pengaruh terhadap masyarakat dan brand-brand pun akan mulai melirik untuk mengajak bekerja sama, salah satunya dengan endorsement.
 

Influencer Marketing

Salah satu strategi pemasaran sebuah perusahaan adalah dengan influencer marketing. Menggunakan popularitas seorang influencer untuk bekerja sama meningkatkan brand awareness dan jumlah penjualan sesuai target. 
 
Langkah tersebut terbukti efektif berbanding lurus dengan berkembangnya dunia digital dan media sosial yang semakin bertambah penggunanya. Sebelum menjalankan strategi influencer marketing, perlu ditentukan tujuan, audiens, pilihan influencer, dan kampanye promosinya.
 
Baca juga: Cari Cuan dengan Endorsement, Apa Itu?
 

Jenis Influencer

Berdasarkan jumlah followes, jenis influencer dikategorikan sebagai berikut:
  1. Nano Influencers: 500-10 ribu followers.
  2. Micro Influencers: 10 ribu-100 ribu followers.
  3. Macro Influencers: 100 ribu-1 juta followers.
  4. Mega Influencers: di atas satu juta followers.
 

Influencer di Indonesia

Menjadi seorang influencer bisa menguntungkan dan menjadikannya profesi. Adapun media-media yang biasanya dipakai oleh influencer dalam membuat konten adalah Instagram, TikTok, YouTube, Blog, dan Podcaster.
 
Di Indonesia, rata-rata gaji seorang influencer berkisar Rp9,3 juta hingga Rp14 juta per bulan.
 
Namun, menjadi seorang influencer juga memiliki tanggung jawab besar. Tak hanya kewajibannya mengunggah konten yang menarik, tetapi jika seorang influencer sudah bekerja sama dengan suatu perusahaan atau brand untuk mempromosikan suatu produknya, influencer tersebut harus benar-benar menjalankan rule atau arahan sesuai dengan kemauan perusahaan.
 
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan