Ilustrasi penukaran uang. Foto: AFP.
Ilustrasi penukaran uang. Foto: AFP.

BI Siapkan Rp195 Triliun untuk Kas Keliling, Tempat Penukaran dari Terminal Sampai Pasar Tradisional

Antara • 21 Maret 2023 15:09
Jakarta: Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan BI menyiapkan uang tunai senilai Rp195 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2023.
 
baca juga: Ini Sejumlah Strategi dan Pandangan Perry Warjiyo Jadi Bos BI 2 Periode, Apa Saja?

"Berdasarkan rencana penarikan perbankan secara nasional, tahun ini Bank Indonesia menyiapkan uang tunai untuk Ramadhan dan Idulfitri sebesar Rp195 triliun atau naik 8,22 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Marlison, dikutip dari Antara, Selasa, 21 Maret 2023.
 
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai selama Ramadhan dan Idulfitri 2023, perbankan juga telah komitmen untuk membuka titik layanan di 5.066 kantor di seluruh Indonesia atau bertambah 377 titik dari tahun sebelumnya.
 
Sementara itu, di luar 5.066 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, terhitung mulai 27 Maret 2023 sampai dengan 19 April 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bank Indonesia juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui (i) kas keliling di pusat keramaian (terminal, pasar, dan stasiun), dan (ii) kas keliling susur sungai (khusus Provinsi Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah) bekerja sama dengan perbankan.

Gandeng ritel dan BPR


BI juga sudah mulai mengimplementasikan secara nasional layanan BI secara wholesales melalui perbankan, dalam hal ini dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).
 
"Uji coba sudah dilakukan beberapa kali, dan hari ini kami mulai lakukan implementasi secara resmi," katanya.
 
BI juga akan melakukan kas keliling secara terpadu baik di Jakarta maupun di beberapa daerah lainnya.

Kas keliling di rest area

Khusus di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, sebanyak 55 perbankan akan melaksanakan kegiatan kas keliling di 599 titik secara terpadu dan bersama-sama.
 
BI juga akan melaksanakan kegiatan Kas Keliling di titik-titik yang tidak dilayani oleh perbankan, seperti di terminal, pasar, dan rest area, BI Peduli Mudik di beberapa jalur penyeberangan, dan BI Kas Keliling Susur Sungai di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatra Selatan.

Kas keliling di Jakarta

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, terhitung 3-14 April 2023, Bank Indonesia bekerjasama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta, akan melakukan layanan kas keliling bersama. Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar.
 
Hadir pula di pasar wilayah Jabodetabek yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada tanggal 27 Maret-20 April 2023, serta di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023. Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR.
 
Sementara itu, mulai tanggal 15-19 April 2023 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk. Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR.

Aplikasi pintar

Berbagai layanan di kegiatan yang dilaksanakan BI dapat didapatkan melalui aplikasi pintar, tapi BI juga akan melayani masyarakat yang datang secara langsung.
 
"Ini mudah-mudahan memberi inspirasi kepada bank, sehingga tahun ini dan tahun depan, perbankan bisa mengikuti secara bersama-sama kegiatan Susur Sungai karena banyak masyarakat yang membutuhkan layanan penukaran uang," katanya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif