Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M Rizal.

6 Tanda Kamu Sudah Merdeka Finansial

Ade Hapsari Lestarini • 03 Agustus 2022 12:21
Jakarta: Apakah tujuan keuangan yang sebelumnya kalian buat sudah terwujud? Jika ya, berarti kalian sudah merdeka finansial.
 
Merdeka secara finansial (financially freedom) bukan berarti memiliki banyak uang, makna merdeka finansial lebih dari sekadar banyak uang. Kemerdekaan finansial diperoleh jika kalian dapat hidup dengan pantas, secukupnya, dan bebas utang.
 
Melansir laman Sikapiuangmu OJK, Rabu, 3 Agustus 2022, merdeka secara finansial merupakan proses berkembang, kuat secara emosional dan spiritual untuk menjadi sukses dan bahagia sesuai dengan tujuan kalian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan kata lain, merdeka finansial tidak hanya sekadar memiliki harta dan aset yang banyak, namun kalian juga dapat mencapai sesuatu yang kalian inginkan.

Berikut adalah enam tanda jika kamu sudah merdeka secara finansial:

Kesehatan dan jiwa terkover asuransi

Hal utama yang wajib dimiliki seseorang yang merdeka finansial adalah proteksi diri. Asuransi menjadi hal yang penting karena proteksi asuransi membantu untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi di masa depan.
 
Tanpa adanya proteksi asuransi, risiko tersebut bisa berdampak besar bagi stabilitas keuangan kalian. Asuransi kesehatan membantu kalian untuk membayar biaya rumah sakit tanpa memberatkan keuangan, asuransi jiwa membantu keluarga agar kebutuhan tetap tercukupi jika suatu saat terjadi kemungkinan terburuk, dan jika tidak ingin keluar biaya mahal untuk memperbaiki kerusakan mobil bisa menggunakan asuransi kendaraan.

Tidak mencemaskan masa depan

Mendiamkan uang di tabungan tidak akan memberikan keuntungan serta tidak dapat mengalahkan peningkatan inflasi tahunan. Investasi menjadi salah satu cara untuk mencapai merdeka finansial. Investasi bisa dilakukan dalam bentuk apapun, yang terpenting adalah investasi tersebut harus memberikan return di atas inflasi. Dari pengelolaan investasi inilah kalian akan mencapai medeka finansial.
 
Baca juga: Mumpung Masih Tahun Baru, Wujudkan Merdeka Finansial Yuk dengan 5 Cara Ini

Investasi juga erat kaitannya dengan proteksi, kedua hal ini menjadi tanda kalian sudah merdeka finansial atau belum. Tanpa proteksi, investasi yang memberikan penghasilan tersebut rentan akan terdampak risiko, yang suatu saat mungkin menghilangkan sumber pendapatan kalian.

Masa pensiun terjamin

Siapa yang tidak ingin aman di masa tua? Siapa yang tidak ingin aman di saat masa pensiun? Semua orang pasti mengingkan masa tua yang aman secara finansial. Masa pensiun menjadi salah satu masa penting dalam kehidupan semua orang. Besarnya pendapatan dan tabungan saat masih bekerja akan memengaruhi masa pensiun seseorang. Semakin cepat kalian mulai memikirkan masa pensiun, semakin besar juga tabungan yang kalian miliki di saat tua.
 
Mempersiapkan dana pensiun sebaiknya dilakukan sejak dini ketika masih dalam masa produktif. Selain menabung di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), masa pensiun juga dapat dipersiapkan dengan investasi. Ada beberapa produk investasi yang bisa kalian pilih, seperti deposito, reksa dana, obligasi, emas, hingga saham. Produk yang aman tapi hanya memiliki return paling tinggi sekitar enam persen adalah deposito. Ingin mendapatkan return besar namun risiko juga besar, kelola uang kalian di saham. Pilihlah produk investasi yang sesuai tujuan dan profil risiko kalian.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif