Ilustrasi. FOTO: AFP PHOTO/ANDREAS GEBERT
Ilustrasi. FOTO: AFP PHOTO/ANDREAS GEBERT

Allianz Indonesia Jaga Kesehatan Mental Karyawan saat Covid-19

Ekonomi Virus Korona allianz
Angga Bratadharma • 21 Mei 2020 13:34
Jakarta: Wabah covid-19 yang merebak sejak akhir 2019 tidak hanya menyebabkan masalah serius di bidang kesehatan, tetapi juga mengganggu kondisi perekonomian nasional dan global, serta memengaruhi kondisi sosial masyarakat. Efek yang ditimbulkan ke setiap individu pun beragam, salah satunya meningkatnya rasa cemas dan stres.
 
Hal itu sebagai dampak perubahan rutinitas dan interaksi yang terjadi di lingkungan. Di tengah ketidakpastian akibat situasi pandemi covid-19, kesehatan fisik dan mental karyawan terus menjadi fokus utama bagi perusahaan. Untuk menjaga psikis dan mental karyawan tetap sehat, Allianz Indonesia mengeluarkan inisiatif Employee Assistance Program (EAP).
 
Program itu sebagai dukungan moril nyata bagi karyawan. Melalui program ini, perusahaan menyediakan layanan konsultasi pribadi untuk karyawan dengan psikolog profesional. Karyawan dapat melakukan konsultasi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi, baik terkait lingkungan kantor maupun kehidupan pribadi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi Allianz Indonesia, karyawan merupakan aset terpenting bagi perusahaan, sehingga kami terus berupaya untuk memberikan fasilitas dan dukungan yang memadai, termasuk dukungan moril," kata Chief Human Resources Officer Allianz Indonesia Juanita Wibowo, seperti dikutip dari keterangannnya, Kamis, 21 Mei 2020.
 
Ia menambahkan Employee Asistance Program ini dihadirkan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat stres karyawan dan membantu mereka dalam menghadapi permasalahan yang sedang dihadapi, baik masalah personal maupun professional, agar kedepannya dapat menjalani rutinitas yang lebih baik dan sehat.
 
"Sejauh ini, feedback yang diberikan oleh karyawan atas bantuan layanan ini sangat positif dan mendapatkan nilai Net Promoter Score (NPS) yang sangat tinggi. Melalui program ini, kami juga ingin terus meningkatkan engagement antara perusahaan dan karyawan, sehingga tercipta lingkungan kerja yang lebih sehat dan menyenangkan," ungkap Juanita.
 
Employee Assistance Program dirancang bagi seluruh karyawan Allianz Indonesia yang menjadi fasilitas agar karyawan dapat memahami dan mengklarifikasi masalah yang terjadi, mengidentifikasi dan mengeksplorasi opsi untuk mengatasi masalah tersebut, serta mengembangkan rencana untuk menghadapi masalah.
 
Kemudian menemukan solusi yang bersifat konstruktif melalui layanan konsultasi bersama psikolog profesional dengan menunjang tinggi asas kerahasiaan informasi. Selama masa bekerja dari rumah, program ini dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi chat Microsoft Teams dengan durasi satu jam bagi setiap peserta yang akan berkonsultasi.
 
"Kami berharap dengan pelaksanaan Employee Assistance Program ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup karyawan agar mencapai kehidupan yang lebih baik dan seimbang," tutup Juanita.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif