Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

4 Cara Pulihkan Tabungan yang Terkuras di Akhir Tahun

Ekonomi tips keuangan tips berinvestasi
Annisa ayu artanti • 09 Januari 2021 10:18
Jakarta: Di akhir tahun biasanya kita memiliki banyak pengeluaran, mulai dari berlibur hingga merayakan pergantian tahun. Namun sayangnya, kita kerap kali mengabaikan biaya yang dikeluarkan saat itu. Padahal biaya yang dikeluarkan tersebut terkadang menguras tabungan.
 
Financial Educator dan Periset Lifepal Aulia Akbar mengatakan usai tahun baru tabungan harus tetap ideal dan perlu ada upaya pemulihan aset yang telah terpakai.
 
"Ketika tabungan tanpa disadari terpakai dalam jumlah besar untuk kegiatan akhir tahun maka tugas yang menjadi prioritas utama adalah memulihkan jumlahnya hingga menjadi ideal kembali," katanya, dalam risetnya yang dikutip Medcom.id, Sabtu, 9 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan tabungan yakni:


1. Buat target untuk memulihkan nilai aset lancar


Setiap tujuan keuangan harus disertai dengan jangka waktu karena tanpa jangka waktu mustahil untuk menentukan ke mana harus menempatkan dana. Buat skema kapan ingin melihat jumlah tabungan mencapai nilai ideal. Apakah dalam satu tahun, satu setengah tahun, atau kurang dari setahun.


2. Investasikan sisa dana di tabungan


Ketika target pemulihan aset lancar berada dalam rentang waktu satu tahun atau kurang dari setahun maka ambil dana tersebut maksimal 50 persen dari persediaan total untuk diinvestasikan ke instrumen rendah risiko.
 
Apabila hanya menyimpannya di tabungan maka pertumbuhan dana tersebut akan sangatlah lambat. Alhasil, rencana untuk memulihkan nilai rasio aset lancar menjadi semakin lama. Pilih instrumen investasi rendah risiko yang memiliki fluktuasi nilai stabil, bisa ditambah kapan saja, serta memiliki imbal hasil yang mengalahkan deposito. Instrumen itu bisa berupa reksa dana pasar uang dan juga pendapatan tetap.


3. Sisihkan secara rutin dana minimal 10 persen dari penghasilan per bulan

 
Jangan hanya melakukan lump sum dengan menggunakan sisa dana di tabungan untuk memulihkan aset lancar. Lakukan pula investasi berkala setiap bulan dengan menyisihkan minimal 10 persen dari total penghasilan per bulan.


4. Jaga pengeluaran Anda saat proses ini berlangsung


Ketika proses pemulihan aset lancar ini berlangsung, jaga baik-baik pengeluaran. Fokus pada pengeluaran yang bersifat kebutuhan dan kewajiban terlebih dulu. Bila masih ada dana tersisa, bisa dialokasi ke hal-hal yang bersifat hiburan atau gaya hidup.
 
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif